Makassar (ANTARA News) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Jusuf Kalla mendoakan kedua orang tua  di makam Pekuburan Arab (Sayye) Kecamatan Bottoala, jalan Bunga Ejayya, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

JK berdoa usai menaburkan bunga khas yang didatangkan khusus dari Malino Kabupaten, Gowa kemudian menyirami air di Makam Ayahnya Haji Kalla bin Tuppu.

Tidak hanya orang tuanya, mantan Ketua Umum Golkar ini juga berziarah di makam nenek dan saudaranya, bahkan ke Makam guru mengajinya Kyai Haji Ramli untuk memanjatkan doa.

Usai berziarah JK menyapa warga sekitar sambil mengangkat tangan kemudian bertolak ke rumah pribadi di jalan Haji Bau bersama rombongan seperti Wakil Wali Kota Syamsu Rizal, pengusaha Aksa Mahmud serta lainnya.

Sebelumnya sekitar pukul 16.06 WITA JK bersama rombongan tiba di Pemakaman Arab Bontoala.

Tidak ada perlakukan dan bentuk khusus nisan makam orang tua JK, bahkan terlihat sederhana sama seperti makam lainnya yang berada di pekuburan itu.

Penjaga pekuburan setempat Hasanuddin menuturkan, sudah menjadi rutinitas JK beserta keluarga mendatangi kuburan untuk berziarah sekaligus mendoakan mendiang ayah, saudara, nenek hingga guru mengajinya setiap menjelang ramadhan.

"Sudah menjadi tradisi keluarga pak JK berziarah ke makam orang tua dan kerabatnya, sama seperti tahun sebelumnya. Biasanya memang memasuki bulan puasa," katanya.

Dirinya menceritakan bahwa pekuburan ini dulunya memang menjadi pemakaman arab karena pernah dikelola warga Pakistan dan India sehingga dinamakan pekuburan Islam atau disebut pemakaman para Sayye atau orang saleh.

Dalam kompleks Pemakaman Arab ini, tambahnya, terdapat lima makam keluarga Jusuf Kalla, termasuk ayah, ibu saudara dan neneknya. Memang dulunya tanah ini dimiliki salah satu warga India tapi karena bukan yayasan maka diwakafkan ke warga arab untuk dikelola.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016