Jakarta (ANTARA News) - Data pemain yang turut serta pada Euro 2016 menawarkan statistik unik yang agak mengejutkan, pada beberapa aspek.

Dari sudut asal klub dan liga para pemain yang turut serta, Liga Utama Inggris adalah kampiunnya, kendati Spanyol merajai baik Liga Champions maupun Liga Europa di mana Real Madrid dan Sevilla masing-masing menjuarai kedua kompetisi elite Eropa itu.

Para pemain yang berasal dari La Liga (35 pemain) malah menempati kelima di bawah Super Lig Turki (36 pemain) yang menempati urutan keempat pada daftar asal liga para pemain Euro 2016.

Bahkan para pemain yang berasal dari liga divisi dua Inggris Championship (31 pemain), melewati pemain yang berasal dari Ligue 1 Prancis (23) dan Liga Utama Ukraina (21).

Wakil-wakil Inggris juga menjadi yang terbanyak pada Euro 2012 dan Piala Dunia 2014.

Dari sudut ukuran badan paling tinggi dan paling pendek, para pemain Swedia adalah skuad yang rata-rata tinggi sehingga jago dalam penyelesaian set-piece dan bola-bola mati.

Sebaliknya, Spanyol adalah skuad dengan para pemain yang rata-rata pendek. Tapi jangan sepelekan sang juara bertahan dalam sepak bola dunia.

Dari sudut kemampuan mencetak gol, Zlatan Ibrahimovic dari Swedia tidak tersaingi siapa pun dengan mencetak 62 gol pada 113 pertandingan timnas Swedia.

Robbie Keane dari Republik Irlandia menempati urutan kedua dengan 67 gol pada 142 pertandingan. Lalu, Thomas Muller yang menciptakan 32 gol pada 71 pertandingan bersama Timnas Jerman.

Setelah itu Robert Lewandowski dari Polandia (34 gol dari 76 laga), Burak Yilmaz dari Turki (20 gol dari 44 laga), Andriy Yarmolenko (25 dari 59 laga, dan Marc Janko dari Austria (25 dari 54 laga). Masih ada Kolbein Sigorthsson dari Islandia dengan 19 gol dari 38 laga.

Dari sudut usia dan pengalaman bermain, Inggris adalah skuad paling banyak usia muda, disusul Jerman. Sebaliknya Slowakia adalah skuad usia tua, tapi Jerman dan Ukraina punya pemain-pemain yang lebih berpengalaman.

Sementara itu Spanyol memang tampil dengan wajah baru setelah gagal pada Piala Dunia dua tahun lalu. Kendati skuadnya relatif tua dengan rata-rata usia pemain 28,9 tahun, tim asuhan Vicente Del Bosque kurang begitu berpengalaman.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016