Posko kita siapkan di terminal penumpang pelabuhan Pelindo, dan mulai dibuka sejak 18 Juni hingga 24 Juli 2016 mendatang
Dumai, Riau (ANTARA News) - Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kota Dumai berencana membuka posko pengamanan dan angkutan Lebaran 1437 Hijriah jalur laut pada 18 Juni dengan melibatkan sejumlah instansi terkait di perairan.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Kota Dumai Barnabas F Tallu menyebutkan, pendirian posko pengamanan angkutan Lebaran bertujuann untuk pengendalian arus penumpang kapal laut, baik penumpang maupun barang.

"Posko kita siapkan di terminal penumpang pelabuhan Pelindo, dan mulai dibuka sejak 18 Juni hingga 24 Juli 2016 mendatang," kata Barnabas, Minggu.

Dalam pelaksanaan pengamanan angkutan Lebaran, petugas gabungan terlibat akan mengutamakan upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat pemudik demi kelancaran dan ketertiban arus penumpang.

Disamping itu, KSOP juga akan terus memantau dan menginformasikan kondisi cuaca di perairan dalam rangka keselamatan berlayar dan memberi peringatan kepada para pengguna jasa kepelabuhanan agar waspadai iklim di laut.

"Kepada pengguna jasa kepelabuhan kita ingatkan agar terus mewaspadai kondisi perairan dan tetap mengutamakan keselamatan dengan memperhatikan cuaca saat berlayar," ujar dia.

Sejumlah instansi terkait yang akan terlibat dalam pelaksanaan Posko pengamanan dan angkutan Lebaran ini, di antaranya, TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Kantor Navigasi, Bea Cukai, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan dan Balai Karantina serta PT Pelindo I.

Sejauh ini arus penumpang di terminal pelabuhan Pelindo terpantau masih normal dan belum ada peningkatan karena di awal Ramadhan, namun diprediksi lonjakan mulai terjadi pada sepekan jelang Idul Fitri 6 Juli mendatang.

"Kita harapkan pelaksanaan posko angkutan Lebaran nanti dapat berjalan tertib dan lancar serta membantu dan memudahkan penumpang yang akan bepergian menggunakan kapal feri penumpang," harap dia.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016