Jakarta (ANTARA News) - Tim Meksiko menjadi pemimpin Grup C kejuaraan sepak bola Piala Amerika 2016 setelah mengimbangi tim Venezuela 1-1 pada laga penyisihan yang berlangsung di Stadion Reliant Houston, Texas, AS, Senin malam waktu setempat atau Selasa.

Hasil imbang itu, seperti dipantau ANTARA di Jakarta, menambah tim satu poin bagi kedua tim sehingga masing-masing mengoleksi poin total tujuh. Tapi, Meksiko lebih unggul dalam selisih gol yang dicetak sepanjang babak penyisihan yaitu empat, sedangkan selisih Venezuela hanya dua.

Baik El Tri maupun La Vinotinto bersemangat meraih kemenangan dan menempati posisi teratas Grup C guna menghindari tim Argentina yang diprediksi akan menjadi juara Grup D dan maju ke putaran delapan besar.

Venezuela mencetak keunggulan pada menit ke-10 dengan tendangan melayang Jose Velazquez. Gol itu bermula dari tendangan bebas Adalberto Penaranda yang disambut sundulan Christian Robert Santos. Sundulan itu mengarahkan bola ke Valazquez dan langsung menjebol gawang Jose Corona.

Tertinggal 0-1, El Tri langsung melancarkan serangan-serangan ke anak-anak asuhan Rafael Dudamel. Tapi, tidak ada satupun tembakan Peralta, Guardado, ataupun Herrera yang menembus gawang Daniel Hernandez.

Sepakan Peralta pada menit ke-22 terbaca dengan mudah oleh Corona, begitupula sundulan Herrera pada menit ke-32 dan bola sundulan Guardado yang sempat mental ke tanah pada menit ke-35.

Tim asuhan Juan Carlos Osorio kembali menggebrak pertahanan Alexander Gonzales, Wilker Angel dan kawan-kawan. Hanya saja, serangan Guardado melenceng ke kanan gawang pada menit ke-64 meskipun Hernandez terlalu lambat untuk merespon bola.

Dua kali Miguel Layun dan Jesus Corona menusuk gawang tim negara Amerika Selatan itu dan dua kali pula gol belum tercipta. Bahkan, bola Layun dengan mudah ditangkap kiper Hernandez.

Jesus Corona akhirnya menghasilkan gol untuk Meksiko pada menit ke-80. Permainan individu Corona yang tampak cemerlang dengan melewati tiga pemain bertahan Venezuela berujung pada tendangan kaki kanan untuk menggetarkan gawang Hernandez. Gol itulah yang membawa Meksiko ke posisi teratas Grup C.

Padahal, pemain depan Venezuela Josef Martinez yang menggantikan Del Valle Rodriguez hampir menambah kedudukan bagi timnya. Sayang, serangan Martinez terbaca dengan mudah oleh kiper Jose Corona.

Meskipun pertandingan berakhir imbang, kedua tim berhak melaju ke putaran perempat final dan menunggu tim peraih posisi pertama dan posisi kedua Grup D pada pertarungan delapan besar.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016