Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Islandia Lars Lagerback mengaku tidak berencana menjaga Cristiano Ronaldo ketika timnya bertemu dengan Portugal nanti.

Islandia akan menjalani laga pertamanya pada sebuah turnamen besar hari ini melawan Seleccao di Saint-Etienne.

Ronaldo, yang bisa menjadi pesepakbola pertama yang mencetak gol pada empat Piala Eropa terpisah, memang ancaman Islandia, namun Lagerback mengatakan timnya tidak memberikan perlakuan terlalu khusus untuk Ronaldo.

"Semua orang tahu Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik di dunia, jadi sudah pasti kami akan memperhatikan lebih dia, tetapi pada saat bersamaan seperti selalu kami katakan, jika Anda menghadapi kualitas dan kecakapan kolektif seperti Portugal, maka ini menyangkut tim," kata Lagerback seperti dikutip AFP. "(Namun) kami akan melakukan apa saja yang kami bisa untuk menempel Tuan Ronaldo."

Ronaldo bisa mendekati rekor gol Michel Platini pada Piala Eropa saat melawan Islandia di mana dia terpaut tiga gol di bawah rekor sembilan gol Platini pada turnamen ini.

"Cristiano adalah pencetak gol, dia sudah banyak menciptakan gol dan saya berharap naluri menciptakan gol itu terlihat besok," kata rekan satu tim Ronaldo, Joao Moutinho.

Namun Nani menyatakan Portugal tidak terlalu tergantung kepada Ronaldo seperti di masa sebelumnya.

"Situasi telah berubah sekarang, tekanan tidak hanya kepada Cristiano," kata Nani. "Para pemain muda telah menunjukkan kualitasnya. Mereka bisa bermain, mereka adalah pemain yang memiliki karakter yang hebat, personalitas yang hebat, dan sudah tentu, bakat yang hebat. Mereka tidak takut."


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016