Ini semua hasil kerja tim. Anda tidak bisa menempatkan hanya satu pemain untuk menghentikan seseorang seperti Ronaldo. Tanggung jawab tim untuk menutup rapat-rapat area tersebut
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Islandia Heimir Hallgrimson menyebut laga penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 melawan Portugal seperti melakoni laga kandang lantaran saking riuhnya pendukung negara debutan kompetisi tertinggi antarnegara Benua Biru tersebut.

Berkat dukungan tersebut menurut Hallgrimson para pemain besutannya bisa mencuri satu poin dalam laga yang berakhir imbang 1-1 itu di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Rabu dini hari WIB.

"Sungguh fantastis bermain di sini. Seperti di kandang sendiri. Pendukung kami sulit dipercaya, betul-betul seperti di kandang. Dan itu sangat membantu para pemain kami," kata Hallgrimson dalam konferensi pers selepas pertandingan sebagaimana dikutip laman resmi UEFA.

Hallgrimson menolak berkomentar lebih jauh mengenai hasil di laga lain yang memperlihatkan Hongaria, lawan mereka di pertandingan kedua nanti, berhasil mengalahkan Austria dua gol tanpa balas.

"Saya pikir hasil laga lain tak mempengaruhi kami sedemikian rupa. Memperoleh poin adalah sesuatu yang baik," katanya.

"Kami bisa sedikit tenang menghadapi laga selanjutnya. Namun kemenangan melawan Hongaria mungkin akan membawa kami ke sana (babak berikutnya)," ujar Hallgrimson menambahkan.

Hallgrimson mengakui ia menginstruksikan para pemainnya untuk memberi penjagaan lebih kepada bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, untuk membatasi ruang geraknya dan itu berhasil dilakukan dengan baik serta menimbulkan hasil yang baik pula.

"Ini semua hasil kerja tim. Anda tidak bisa menempatkan hanya satu pemain untuk menghentikan seseorang seperti Ronaldo. Tanggung jawab tim untuk menutup rapat-rapat area tersebut," kata Hallgrimson.

"Banyak pemain yang bertanggung jawab atas Ronaldo malam ini. Kami melakukannya dengan baik, selamat kepada para pemain," ujarnya menambahkan.


Dengan satu poin yang sudah dikantongi, Islandia selanjutnya akan menghadapi pemimpin sementara Grup F, Hongaria, pada Sabtu (18/6) di Stadion Velodrome, Marseille.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016