Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional sepak bola Swiss menahan imbang Rumania dengan skor 1-1 pada laga kedua fase grup A Euro 2016 (Piala Eropa) di Stadion Parc des Princes, Prancis, Rabu.

Swiss menyamakan kedudukan pada babak kedua lewat sepakan Mehmedi setelah tertinggal 0-1 atas gol Rumania yang dicetak Bogdan Stancu pada babak pertama.

Hasil ini membuat Swiss untuk sementara naik ke puncak klasemen grup A dengan perolehan empat poin, adapun Rumania diposisi ketiga dengan satu poin.  Prancis akan mengambil alih posisi Swiss di puncak klasemen jika berhasil mengalahkan Albania pada laga yang akan digelar sesaat lagi.

Pada jalannya laga, Rumania unggul 1-0 lewat eksekusi penalti  Bogdan Stancu yang diberikan wasit Sergei Karasev asal Rusia menyusul pelanggarakan bek Swiss, Lichtsteiner, akibat menarik kemeja Chipciu di dalam kotak penalti pada menit 18.

Swiss mencoba membangun serangan lewat umpan Ricardo Rodriguez kepada Granit Xhaka, sayang sundulan pemain Arsenal itu meleset pada menit 35.

Swiss kembali berpeluang ketika Lichsteiner melayangkan umpan silang kepada Dzemaili yang berdiri bebas di kotak penalti Rumania, namun tidak berbuah gol pada menit 40. Skor 1-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada awal babak kedua, bek Swiss, Djorou, nyaris membuat gol bunuh diri akibat salah membaca umpan silang Torje dari sayap kanan, beruntung arah bola melenceng.

Swiss akhirnya menyamakan kedudukan lewat tendangan voli keras kaki kiri yang dilepaskan Admir Mehmed dari sisi kanan gawang Rumania pada menit 57. Skor menjadi imbang 1-1.

Kedua tim mulai menurunkan tensi pertandingan pada pertengahan babak kedua. Swiss beberapa kali melancarkan umpan-umpan pajang ke depan, namun Rumania tetap sigap menghalau bola yang masuk ke daerahnya.

Shaqiri dan Dzemaili beberapa kali mencoba menerobos jebakan offside yang diterapkan pemain Rumania serta mencoba serangan balik hingga tujuh menit sebelum laga usai. Namun skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Rumania (4-2-3-1): Tatarusanu, Rat (Filip), Chiriches, Chipciu, Pintilii (Hoban), Torje, Keseru, Prepelita, Stancu (Andone), Grigore, Sapunaru
Pelatih : Anghel Iordanescu

Swiss (4-2-3-1): Sommer, Lichtsteiner, Seferovic (Embolo), Xhaka, Behrami, Rodríguez, Džemaili (Lang), Mehmedi, Djourou, Schär, Shaqiri (Tarashaj).
Pelatih: Vladimir Petkovic

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016