Marseille, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Albania untuk sementara berhasil menahan imbang 0-0 tuan rumah Prancis hingga babak pertama usai dalam laga penyisihan Grup A Piala Eropa 2016, di Stadion Velodrome, Marseille, Kamis dini hari WIB.

Keputusan pelatih Prancis, Didier Deschamps, membangkucadangkan Paul Pogba dan Antoine Griezmann lantaran keduanya dianggap tampil tak maksimal di laga pertama, sejauh ini lebih terlihat seperti perjudian ketimbang pertimbangan matang.

Anthony Martial dan Kingsley Coman yang didapuk mengisi tempat Pogba dan Griezmann sejauh ini tampil tidak terlalu menonjol, meski Martial beberapa kali memperoleh kesempatan dan melakukan tusukan dari sisi kiri serangan.

Sebaliknya di kubu Albania, keputusan pelatih Giovanni De Biasi menurunkan bek Frosinone Arlind Ajeti mengisi tempat yang ditinggalkan kapten Lorik Cana yang tengah menjalani sanksi kartu merah di laga pertama sejauh ini cukup tepat.

Pasalnya Ajeti cukup sukses membatasi ruang gerak Martial termasuk saat melakukan jegalan penting pada menit 19, kala penyerang Manchester United itu memperoleh umpan terobosan menawan dari Dimitri Payet di dalam kotak penalti.

Di tengah tekanan Prancis, Albania justru mulai berani keluar menyerang di 10-15 menit akhir babak pertama memperoleh beberapa sepak pojok yang mengancam gawang yang dikawal Hugo Lloris.

Namun demikian, statistik Opta mencatat kedua tak pernah sekalipun menemui sasaran dari sejumlah percobaan tembakan yang dilepaskan, lima oleh Prancis dan empat untuk Albania.

Deschamps punya pilihan untuk "menjilat ludah" dan menurunkan Pogba serta Griezmann di babak kedua nanti jika keadaan kadung menemui kebuntuan.

Sementara Albania, meraih satu poin mungkin memperpanjang napas dan peluang mereka untuk lolos. Namun dalam sepak bola apapun bisa terjadi, jika mereka bisa menjaga tensi serangan selaiknya 15 menit terakhir babak pertama dan mempertahankan disiplin lini belakang hingga 90 menit pertandingan, bukan tidak mungkin mereka justru mempermalukan tuan rumah di hadapan publik sendiri.

Berikut susunan pemain seturut laman resmi UEFA.

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris (PG); Bacary Sagna, Adil Rami, Laurent Koscielny, Patrice Evra; N'Golo Kante, Blaise Matuidi, Kingsley Coman, Dimitri Payet, Anthony Martial; Olivier Giroud
Pelatih: Didier Deschamps

Albania (4-1-4-1): Etrit Berisha (PG); Elseid Hysaj, Arlind Ajeti, Mergim Mavraj, Ansi Agolli; Burim Kukeli; Andi Lila, Amir Abrashi, Ledian Memushaj, Ermir Lenjani; Armando Sadiku
Pelatih: Giovanni De Biasi

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016