Jakarta (ANTARA News) - Pengamat kepolisian Alfons Loemau berpendapat Komjen Pol Budi Gunawan merupakan sosok yang tepat menjadi Wakapolri mendampingi Komjen Pol Tito Karnavian yang tak lama lagi menjadi Kapolri.

"Kalau menurut saya (calon wakapolri) paling potensial itu BG (Budi Gunawan)," kata Alfons di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, kemampuan dan sikap Budi selama ini telah teruji. "Selama menjadi Wakapolri-nya Pak Badrodin, dia menunjukkan sikap loyal, lolos fit and proper test di DPR (saat maju calon Kapolri), pas dia gagal jadi Kapolri, dia enggak frustasi, enggak meledak-ledak," katanya.

Menurut dia, Tito membutuhkan figur pendamping yang mampu bersikap persuasif dan sikap persuasif ada di dalam diri Budi.

Bila Budi kembali menjadi Wakapolri, pihaknya optimistis hal ini tidak akan menimbulkan polemik. "Secara hukum, dia (Budi) kan enggak bermasalah," katanya.

Selain BG, berikut sejumlah nama jenderal bintang tiga yang berpotensi menjadi calon Wakapolri yakni Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso, Kepala Lemdikpol Komjen Pol Syafruddin, Sestama Lemhanas Komjen Pol Suhardi Alius, Kabaharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno dan Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno.

Terakhir, nama Kabareskrim Polri Irjen Ari Dono Sukmanto yang dalam waktu dekat akan mendapat kenaikan pangkat bintang tiga atau Komjen juga berpeluang sebagai Wakapolri.

Pewarta: Anita P Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016