Padang (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rasidin Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terkena dampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Kamis sore menyebabkan sejumlah pasien rawat inap harus dievakuasi.

"Kita sempat melakukan evakuasi terhadap pasien rawat inap yang ada di bangsal bedah karena air masuk ke dalam ruangan tersebut," kata Direktur RSUD Dr Rasidin dr Herlin di Padang, Kamis malam.

Ia mengatakan ruangan tersebut memang rendah dari pada ruangan yang lain sehingga kalau hujan deras ruangan tersebut bisa kebanjiran.

"Tinggi air tadi mencapai 20 centimeter di dalam ruangan sehingga terpaksa dilakukan evakuasi pasien," kata dia.

Namun kalau air sudah mulai surut maka para pasien akan dikembalikan lagi ke bangsal bedah tersebut.

"Ketika hujan seperti ini memang rentan akan banjir namun kita selalu mempersiapkan kemungkinan evakuasi," kata dia.

Sementara warga Villa Bikit Gading Permai Fadli Ahmad mengatakan akses jalan dari Bypass melewati RSUD untuk rumahnya terendam banjir.

"Air hujan yang deras tidak mampu lagi ditampung oleh drainase yang akibatnya membuat air meluap ke jalan," ucap dia.

Dia mengakui banjir seperti ini sering terjadi di kawasan tersebut padahal drainase yang ada di luar komplek cukup dalam.

"Namun tetap tidak mampu menampung air yang datang dari hulu dan menyebabkan banjir," ucap dia.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) Ketaping Budi Samiadji menyampaikan peringatan dini cuaca hingga pukul 23.30 WIB akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang di Padang, Padangpariaman, Agam, Pesisir Selatan.



Pewarta: MR Denya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016