Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Italia lolos ke putaran 16 besar turnamen Euro 2016 (Piala Eropa) setelah mengalahkan Swedia dengan skor 1-0 di Stadion Toulouse, Prancis, Jumat malam.

Gol tunggal kemenangan Italia dicetak oleh penyerang Inter Milan, Eder Martins, pada babak kedua.

Kemenangan ini memastikan pasukan Antonio Conte lolos ke babak 16 besar dengan perolehan poin enam hasil dari dua kemenangan antara lain 2-0 atas Belgia dan 1-0 atas Swedia.

Di sisi lain, nasib Swedia untuk lolos ke babak 16 besar di ujung tanduk karena hanya memiliki satu poin dengan satu laga tersisa melawan Belgia pada laga terakhir.

Pada jalannya laga babak pertama, Swedia lebih mendominasi permainan dengan umpan-umpan kombinasi yang tidak hanya tertuju pada Ibrahimovic.

Penyerang PSG itu menjadi pengumpan atas peluang yang diciptakan Kallstrom pada menit 18, kendati berhasil dipatahkan Buffon.

Ibrahimovic belum mampu menjebol gawang Italia kendati memiliki peluang dari sepak pojok pada menit 42. Skor 0-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua, Italia memiliki peluang emas lewat sepakan voli Pelle yang menerima umpan dari Eder, namun bola melambung pada menit 50.

Ibrahimovic kembali memiliki peluang saat Olsson melepaskan umpan dari sisi kiri yang mengarah kep kotak penalti, namun bola itu tidak bisa dimaksimalkan Ibra pada menit 72.

Italia akhirnya memastikan kemenangan pada menit 87 lewat sontekan Eder meneruskan umpan lewat sundulan yang dilepaskan Simone Zaza. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Statistik UEFA mencatat Swedia unggul pengusaan bola dengan 53 persen berbanding 47 persen. Namun Italia berhasil melepaskan lima sepakan sementara Swedia hanya tiga.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Italia (3-5-2):
Buffon, Chiellini, Bonucci, Barzagli, Candreva, Florenzi (Sturaro), De Rossi (Thiago Motta), Parolo, Giaccherini, Eder, Pelle ( Simone Zaza).

Swedia (4-4-2): Isaksson, E. Johansson, Lindelöf, Granqvist, M. Olsson, Forsberg (Durmaz), S. Larsson, Ekdal (Lewicki), Källström, Ibrahimović,  Guidetti (Berg)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016