Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyebar anggota mereka untuk menjaga masjid saat orang beribadah, tidak terkecuali para polwan atau polisi wanita.

"Penjagaan tempat ibadah untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada umat Islam yang sedang beribadah selama bulan suci Ramadhan ini," kata Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Hendra Wirawan di Sampit, Senin.

Personel kepolisian berjaga di masjid-masjid, khususnya di Kota Sampit. Polwan biasanya diterjunkan pada siang hari, khususnya berjaga di sekitar masjid saat warga melaksanakan salat Jumat.

Polwan mengatur lalu lintas di depan masjid. Selain itu, mereka menjaga keamanan untuk mencegah aksi kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor dan helm, serta tindakan-tindakan yang dapat mengganggu kenyamanan warga beribadah.

"Selama Ramadhan, berbagai kegiatan operasi terus kami lakukan, khususnya untuk memberantas penyakit masyarakat. Nanti juga ada kegiatan khusus yaitu Operasi Ramadhaniah," sambung Hendra.

Kegiatan pengamanan juga akan ditingkatkan seiring mulai meningkatnya arus mudik lebaran. Penyelenggaraan arus mudik di Kotawaringin Timur menjadi perhatian karena daerah ini selalu dipadati pemudik yang berangkat melalui jalur darat, laut dan udara.

Posko juga segera didirikan di sejumlah lokasi untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas. Posko tersebut juga untuk memberi pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan saat mudik.

Pewarta: Norjani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016