Biak (ANTARA News) - Pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Biak Numfor, Papua akan melombakan kendaraan hias takbir keliling menyambut malam Idul Fitri 1437 H yang digelar pada 5 Juli mendatang.

Ketua Panitia Hari Besar Islam Haji Firman Madjadi di Biak, Selasa, mengatakan, lomba kendaraan hias takbir keliling merupakan program tahunan menyambut malam Idul Fitri 1437 H.

"Lomba kendaraan hias takbir keliling akan diikuti takmir masjid, ormas Islam, paguyuban masyarakat nusantara, kelompok majelis taklim serta lembaga pendidikan Islam di Biak, ya untuk kepastian tanggal hari raya PHBI tetap berpedoman dengan keputusan pemerintah," ungkap ketua PHBI Andi Firman.

Ia mengakui, untuk pelaksanaan pawai takbir keliling menyambut Idul Fitri 1437 H pihak PHBI akan berkoordinasi dengan Kepolisian Resort (Polres) setempat untuk pengamanan jalannya lomba kendaraan hias takbir keliling.

Tujuan pawai kendaraan takbir keliling, menurut ketua PHBI Andi Firman, sebagai ajang silaturahmi antar warga muslim dari berbagai masjid dan mushala dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri.

"Dengan kegiatan pawai kendaraan hias diharapkan warga muslim mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil untuk memuji kebesaran Allah SWT," ungkap Ketua HBI Andi Firman Madjadi.

Menyinggung pelaksanaan shalat Idul fitri, menurut Andi Firman, sesuai hasil keputusan rapat akan diselenggarakan shalat Idul Fitri berjamaah yang dipusatkan di lapangan hanggar Cenderawasih Pangkalan Udara Manuhua Biak.

"PHBI akan melibatkan ormas Islam dan organisasi radio Rapi dan Orari serta Senkom untuk mendukung kelancaran shalat Idul Fitri dan pawai takbir keliling," ungkapnya.

Hingga Selasa, pengurus PHBI telah menyosialisasikan pelaksanaan pawai kendaraan hias takbir keliling kepada takmir masjid dan mushala, ormas Islam, paguyubanan masyarakat nusanrata serta lembaga pendidikan islam di Biak sekitarnya.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016