Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Islandia, Helmir Hallgrimson, mengaku siap menentukan nasib mereka di putaran final Piala Eropa 2016 yang ditentukan dengan laga pamungkas penyisihan Grup F melawan Austria di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Prancis, Rabu (22/6).

Pelatih yang berduet dengan Lars Lagerback itu menyatakan senang lantaran timnya memiliki kesempatan untuk menentukan nasib sendiri.

"Segalanya ada di tangan kami dan kami senang saat ini. Jika seseorang mengatakan kami akan berada di situasi ini sejak sebelum putaran final, dengan senang hati kami akan menerimanya," kata Hallgrimson.

"Kami menyambut laga (melawan Austria) untuk memenanginya," ujar dia menambahkan.

Islandia saat ini memiliki raihan dua poin berkat dua hasil imbang dan berpeluang untuk lolos ke babak selanjutnya jika berhasil memenangi laga kontra Austria.

Bahkan hasil imbang saja bisa memberikan mereka peluang untuk lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Dengan populasi berjumlah 330.000 penduduk, Islandia merupakan negara terkecil yang pernah ambil bagian dalam putaran final Piala Eropa.

Islandia merayakan satu poin yang mereka raih saat menahan imbang Portugal 1-1 di laga pertama, namun emosi sebaliknya justru dirasakan di ruang ganti setelah mereka membuang keunggulan untuk ditahan imbang 1-1 oleh Hongaria pada Sabtu (18/6) lalu.

"Rasanya seperti kekalahan. Ruang ganti begitu sunyi setelah pertandingan usai, kami sangat dekat untuk memastikan kelolosan," ujar penyerang Kolbein Sigthorsson, demikian AFP.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016