Paris (ANTARA News) - Slowakia, Hungaria dan Irlandia Utara lolos ke 16 Besar Euro 2016 kendati Hungaria belum memainkan pertandingan terakhirnya dan Irlandia Utara kalah 0-1 dari Jerman.

Irlandia Utara kalah 0-1 namun tiga jam kemudian bersuka cita setelah Turki mengalahkan Republik Ceko 2-0 yang membuat mereka pasti menjadi salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dan akan menghadapi antara Prancis atau Wales pada babak 16 Besar.

Irlandia Utara finis pada urutan ketiga grup dengan mengoleksi tiga poin namun memiliki selisih gol yang lebih baik ketimbang Turki dan Albania yang sama-sama finis pada urutan tiga dalam grupnya masing-masing.

Mengutip Reuters, kemenangan Turki itu juga mengartikan Slowakia dan Hungaria yang keduanya mengumpulkan empat poin, mendapat jaminan paling tidak menjadi dua di antara empat tim peringkat tiga terbaik lainnya.

Slowakia finis pada urutan tiga Grup B, sedangkan Hungaria tengah memuncaki Grup F dan bisa jatuh ke peringkat tiga jika dikalahkan Portugal dan saat bersamaan Islandia mengalahkan Austria pada pertandingan terakhir fase grup malam nanti.

Kroasia sudah pasti lolos ke 16 Besar sebelum laga melawan Spanyol, namun malah mengalahkan Spanyol 2-1 untuk menjadi pemuncak Grup D sehingga terhindar melawan Italia dan bakal menghadapi salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Spanyol akan menghadapi lawan berat Italia, yang menjadi juara Grup E, kendati Belgia mengalahkan Swedia dan Italia kalah dari Irlandia karena Belgia kalah head to head melawan Italia.

Berikut ketentuan UEFA mengenai pertandingan 16 Besar:
    Laga 1: Runner-up Grup A vs Runner-up Grup C
    Laga 2: Juara Grup D vs Peringkat 3 Grup B/E/F
    Laga 3: Juara Grup B vs Peringkat 3 A/C/D
    Laga 4: Juara Grup F vs Runner-up Grup E
    Laga 5: Juara Grup C vs Peringkat 3 Grup A/B/F
    Laga 6: Juara Grup E vs Runner-up Grup D
    Laga 7: Juara Grup A vs Peringkat 3 Group C/D/E
    Laga 8: Runner-up Grup B vs Runner-up Grup F

Dari tabel itu, pertandingan 16 Besar yang sudah pasti adalah Laga 1 yang akan mempertemukan Swiss yang menjadi runner up Grup A dengan Polandia yang menjadi runner up Grup C dan juga Laga 6 antara Italia (juara Grup E) melawan Spanyol (runner up Grup D).

Kroasia yang menjadi juara Grup D, Wales yang menjadi juara Grup B, Jerman yang menjadi juara Grup C, dan Prancis yang menjadi juara Grup A, masing-masing akan menunggu salah satu peringkat ketiga terbaik menjadi lawan mereka pada 16 Besar.

Sedangkan Inggris yang harus menjadi runner up Grup B akan menghadapi runner up Grup F yang dihuni Hungaria, Islandia, Portugal dan Austria. Pertandingan terakhir Grup F akan berlangsung Rabu malam nanti. Pemimpin klasemen Hungaria akan menghadapi Portugal, sedangkan Islandia akan bertemu Austria.

Di Grup E, pemimpin sementara klasemen Italia (6 poin) akan menjajal Irlandia (1 poin), sedangkan Belgia (3 poin) akan menghadapi Swedia (1 poin).

Turki dan Albania yang sama-sama mengumpulkan tiga poin, juga akan menunggu hasil keempat pertandingan fase grup itu untuk memastikan apakah keduanya lolos ke 16 Besar.

Jika Italia mengalahkan Irlandia, Belgia mengalahkan Swedia, Hungaria mengalakan Portugal dan Islandia mengalahkan Austria, maka Turki dan Albania melenggang ke 16 Besar.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016