counter

Euro 2016 - Babak pertama Hongaria vs Portugal imbang 1-1

Euro 2016 - Babak pertama Hongaria vs Portugal imbang 1-1

Penyerang tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo berterima kasih kepada penonton setelah timnya ditahan imbang Islandia 1-1 dalam laga penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, 14 Juni 2016. (AFP PHOTO/FRANCISCO LEONG)

Lyon, Prancis (ANTARA News) - Laga pamungkas penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 antara Hongaria melawan Portugal di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Rabu, untuk sementara di babak pertama masih berkedudukan imbang 1-1.

Apabila kedudukan itu bertahan hingga 90 menit maka Hongaria akan menjadi juara Grup F, diikuti Islandia di urutan kedua yang sementara ini unggul 1-0 atas Austria di laga lain dan Portugal berada di urutan ketiga.

Hongaria dan Islandia lolos sebagai peringkat pertama dan kedua, sementara Portugal melaju sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik menyusul Slowakia dan Irlandia Utara.

Portugal yang berada di bawah tekanan harus menang untuk membuktikan diri patut menyandang label tim unggulan itu tampil dominan sepanjang babak pertama, menguasai 63 persen pengendalian bola dan melepaskan 12 percobaan tembakan yang empat di antaranya menemui sasaran.

Pada menit 19, Hongaria yang berusaha mengimbangi tekanan yang dilancarkan Cristiano Ronaldo dkk berhasil membungkam pendukung Portugal yang hadir di Stadion Parc OL dengan sebuah gol dari Zoltan Gera.

Berawal dari situai sepak pojok, bola sapuan pertahanan Portugal justru jatuh di kaki Gera yang melakukan satu sentuhan ringan sebelum melepaskan tendangan spekulasi dengan kaki kirinya, menerobos kerumunan pemain dan melaju melewati penjaga gawang Rui Patricio.

Hongaria hampir menggandakan keunggulan pada menit 22 saat hakim garis luput melihat Akos Elek berada dalam posisi offside saat mendapatkan bola di dalam kotak penalti, namun penyelesaiannya masih bisa diselamatkan oleh Rui Patricio.

Pada menit 39, Joao Mario berhasil melesakkan bola ke gawang Hongaria menyambar bola muntah hasil upaya Pepe, namun Pepe dan Nani divonis berada dalam posisi offside saat menyambut umpan silang Ronaldo.

Upaya Portugal menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil saat pada menit 42 Cristiano Ronaldo melepaskan umpan terobosan yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Nani, demi mengubah skor menjadi 1-1.

Di sisa waktu babak pertama, kedua tim sama-sama melepaskan satu tembakan spekulasi jarak jauh, namun upaya Adam Szalai masih jinak di pelukan Rui Patricio dan percobaan Andre Gomes tepat mengarah ke penjaga gawang Hongaria Gabor Kiraly.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Hongaria (4-2-3-1): Gabor Kiraly (PG); Adam Lang, Richard Guzmics, Roland Juhazs, Mihaly Korhut; Zoltan Gera, Adam Pinter; Balazs Dzsudzsak, Akos Elek, Gergo Lovrencsics; Adam Szalai
Pelatih: Bernd Storck

Portugal (4-4-2): Rui Patricio (PG); Vieirinha, Pepe, Ricardo Carvahlo, Eliseu; Andre Gomes, William Carvalho, Joao Moutinho, Joao Mario; Cristiano Ronaldo, Nani
Pelatih: Fernando Santos

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar