counter

Euro 2016 - Tahan imbang Portugal 3-3, Hongaria juarai Grup F

Euro 2016 - Tahan imbang Portugal 3-3, Hongaria juarai Grup F

Pemain tim nasional Hongaria, Zoltan Gera, merayakan gol pembuka ke gawang Portugal dalam laga penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 yang berakhir imbang 3-3 di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Rabu (22/6/2016). (AFP PHOTO/JEAN-PHILIPPE KSIAZEK)

Lyon, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Hongaria berhasil menahan imbang Portugal 3-3 di laga penyisihan pamungkas Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Kamis dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat Hongaria menjuarai Grup F dengan koleksi lima poin di atas Islandia yang di laga lain menang dramatis 2-1 atas Austria.

Hongaria dan Islandia akan melangkah ke babak 16 besar sebagai dua tim teratas Grup F, sementara Portugal lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Dengan demikian Hongaria untuk kali pertama sejak Piala Dunia 1966, mereka lolos ke babak gugur sebuah turnamen bergengsi. Di babak 16 besar Hongaria akan menghadapi runner-up Grup E, sementara Islandia meladeni runner-up Grup B Inggris.

Hongaria patut berterima kasih kepada Balasz Dszudszak yang mecetak dua gol dalam laga melawan Portugal, serta Zoltan Gera pencetak gol pembuka. Sementara Portugal membalas lewat gol Nani dan dwigol Cristiano Ronaldo.

Pada menit 19, Hongaria yang berusaha mengimbangi tekanan yang dilancarkan Cristiano Ronaldo dkk berhasil membungkam pendukung Portugal yang hadir di Stadion Parc OL dengan sebuah gol dari Zoltan Gera.

Berawal dari situai sepak pojok, bola sapuan pertahanan Portugal justru jatuh di kaki Gera yang melakukan satu sentuhan ringan sebelum melepaskan tendangan spekulasi dengan kaki kirinya, menerobos kerumunan pemain dan melaju melewati penjaga gawang Rui Patricio.

Hongaria hampir menggandakan keunggulan pada menit 22 saat hakim garis luput melihat Akos Elek berada dalam posisi offside saat mendapatkan bola di dalam kotak penalti, namun penyelesaiannya masih bisa diselamatkan oleh Rui Patricio.

Pada menit 39, Joao Mario berhasil melesakkan bola ke gawang Hongaria menyambar bola muntah hasil upaya Pepe, namun Pepe dan Nani divonis berada dalam posisi offside saat menyambut umpan silang Ronaldo.

Upaya Portugal menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil saat pada menit 42 Cristiano Ronaldo melepaskan umpan terobosan yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Nani, demi mengubah skor menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua, baik Hongaria maupun Portugal melakukan satu pergantian pemain, Gera digantikan Barnabas Bese dan Renato Sanches menggantikan Joao Moutinho.

Tak disangka babak kedua justru berjalan lebih seru, dengan lahirnya empat gol dalam kurun waktu 15 menit.

Dszudszak lebih dulu mencetak gol untuk mebawa Hongaria kembali unggul 2-1, lewat eksekusi tendangan bebas menyusul pelanggaran Ricardo Carvalho atas Adam Szalai. Bola tendangan pemain yang namanya mentereng kala membela PSV Eindhoven itu membentur pagar hidup, sehingga berbelok dan meninggalkan Rui Patricio mati langkah.

Akos Elek hampir memperbesar keunggulan Hongaria jika saja bisa menyelesaikan sempurna buah kegugupan pertahanan Portugal yang membiarkan bola direbut Szalai di area mereka sendiri pada menit 49.

Kegagalan itu harus dibayar mahal, sebab ketika tiba giliran Portugal menyerang Ronaldo mencetak gol untuk menyamakan kedudukan 2-2 dengan tendangan tumit menyambut umpan silang Joao Mario.

Namun demikian Hongaria kembali sukses membuat para pendukung Portugal membisu lagi saat Dszudszak mencetak gol keduanya di laga tersebut, pada menit 55, setelah berhasil mengendalikan bola muntah tendangan bebasnya untuk kemudian melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti yang lagi-lagi berubah arah lantaran membentur kaki pemain Portugal dan tak terjangkau Rui Patricio. Hongaria tiga Portugal dua.

Tendangan bebas tersebut juga dihasilkan dari pelanggaran Carvalho atas Szalai.

Keadaan tersebut direspon Fernando Santos dengan menurunkan Ricardo Quaresma menggantikan Andre Gomes, yang belakangan terbukti keputusan tepat, sebab hanya semenit merumput dalam sebuah skema sepak pojok Quaresma yang menerima umpan pendek melepaskan umpan silang terarah yang disambut tandukan Ronaldo untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Setelah Portugal menyamakan kedudukan, Hongaria memperoleh dua peluang emas untuk kembali merebut keunggulan sayang bola tendangan Elek membentur mistar gawang pada menit 64 dan Szalai sama sekali membuang kesempatannya di dalam kotak penalti semenit berselang.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Hongaria (4-2-3-1): Gabor Kiraly (PG); Adam Lang, Richard Guzmics, Roland Juhazs, Mihaly Korhut; Zoltan Gera (Barnabas Bese), Adam Pinter; Balazs Dzsudzsak, Akos Elek, Gergo Lovrencsics (Zoltan Stieber); Adam Szalai (Krisztian Nemeth)
Pelatih: Bernd Storck

Portugal (4-4-2): Rui Patricio (PG); Vieirinha, Pepe, Ricardo Carvahlo, Eliseu; Andre Gomes (Ricardo Quaresma), William Carvalho, Joao Moutinho (Renato Sanches), Joao Mario; Cristiano Ronaldo, Nani (Danilo Pereira)
Pelatih: Fernando Santos

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar