Jakarta (ANTARA News) - Mantan manajer Manchester United Alex Ferguson menyatakan Sam Allardyce merupakan sosok yang tepat untuk menukangi Timnas Inggris guna menggantikan Roy Hodgson.

Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menugaskan tim panel yang terdiri tiga orang untuk mencari pengganti Hodgson yang mengundurkan diri menyusul kekalahan memalukan atas Islandia di Piala Eropa 2016.

Gareth Southgate, pelatih U-21 Inggris, Eddie Howe dari Bournemouth, Steve Bruce pelatih Hull City, dan mantan manajer Inggris Glenn Hoddle menjadi beberapa kandidat pelatih The Three Lions menurut media Inggris.

Namun di luar nama tersebut, Ferguson justru menilai Sam Allardyce paling pantas menukangi Timnas Inggris atas pengalamannya di Liga Utara Inggris.

"Sam kandidat terbaik Inggris karena dia (bekerja) di Liga Premier," kata Ferguson dilansir dari Reuters, Kamis.

"Sangat sulit untuk memikirkan orang yang tepat dan hanya ada tiga manajer Inggris di Liga Premier. Dengan pengalaman Sam, ia adalah pilihan yang jelas," kata pria 74 tahun itu.

Ferguson juga menuding jadwal yang melelahkan di liga domestik menjadi salah satu penyebab Inggris tampil mengecewakan di Piala Eropa.

"Di Jerman, pemain beristirahat pada bulan Desember dan Januari sehingga tim bermain di suasana yang pasti lebih siap daripada pada pemain Inggris," ucap Ferguson.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016