New York (ANTARA News) - Musisi rock Amerika Serikat, Kid Rock, Lynyrd Skynyrd, dan Rick Springfield akan tampil di Cleveland pada sela-sela konvensi Partai Republik untuk mencalonkan Donald Trump.

Koalisi para promotor, konsultan dan grup amal, pada Jumat (8/7) waktu Amerika Serikat, mengumumkan konser di Cleveland di mana Partai Republik diperkirakan akan mendukung pencalonan miliarder Donald Trump sebagai calon presiden AS.

"Ini saat paling menyenangkan bisa menjadi seorang Republikan, dan ini adalah di mana politik, kebijakan dan hiburan saling bertemu," demikian pernyataan penyelenggara dilansir dari AFP, Sabtu.

Pertunjukkan musik ini memang tidak resmi digelar untuk konvensi Partai Republik. Namun panggung itu akan menjadi hiburan tersendiri karena Trump pernah berjanji untuk menghadirkan acara hiburan pada pertemuan itu.

Lynyrd Skynyrd, rocker terkenal dengan lagu "Sweet Home Alabama" pada 1974 dan penyanyi metal-rap Kid Rock akan manggung pada konser di Cleveland untuk para veteran.

Adapun Springfield dan The Band Perry akan bermain di panggung terpisah untuk menghormati kepemimpinan Partai Republik di parlemen.

Di sisi lain, Trump juga ditentang sejumlah seniman terkemuka antara lain The Rolling Stones, R.E.M. dan Adele yang keberatan atas penggunaan lagu mereka dalam kampanye Trump.

Selain itu, Partai Demokrat akan mengandalkan dukungan hangat dari dunia hiburan. Snoop Dogg dan Los Lobos akan tampil pada konvensi Partai Demokrat di Philadelphia akhir Juli ini.

Sebaliknya band Prophets of Rage, termasuk anggota Rage Against the Machine dan Public Enemy, berencana menggelar konser untuk mengecam Trump di Cleveland.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016