Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News) - Ribuan pelancong di Pantai Selatan Cianjur, Jawa Barat, diimbau tidak mendekati bibir pantai dan berenang meskipun ombak mulai normal dengan ketinggian sampai dua meter.

Imbauan itu terus-menerus disuarakan personel satuan tugas pengamanan gabungan kepada wisatawan yang terus mengalis ke sana, seiring mudik Lebaran 2016 kali ini. 

"Kami terus mengimbau agar pengunjung yang membludak tidak mendekati bibir pantai karena berbahaya dan menjaga anggota keluarga, terutama balita. Pasalnya ombak pantai selatan Cianjur, berbeda dengan pantai lain, meskipun saat ini cuaca normal dan cukup bersahabat," kata Rahmat, pengelola tempat wisata di Pantai Apra, Jawa Barat, Sabtu.

Dia menjelaskan, memasuki H+4 lebaran angka kujungan mencapai puncaknya, saat ribuan kendaraan memadati tempat parkir di sepanjang pantai. Tercatat hingga siang, 10.000 pengunjung memadati pantai itu. Bahkan jika di total di ketiga pantai di sana, jumlah pengunjung diperkirakan lebih dari 25.000 orang.

Dibandingkan tahun lalu, ungkap dia, angka kunjungan ke pantai selatan Cianjur, meningkat. 

"Sedangkan pengunjung dari luar seperti Bandung, Garut, dan Tasikmalaya sekitar 30 persen, mereka datang mengunakan kendaraan jenis bak terbuka. Peningkatan angka kunjungan sudah terlihat sejak H+2 lebaran," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016