MAN IC diharapkan melahirkan calon pemimpin,"
Batam (ANTARA News) - Kementerian Agama RI meresmikan sekolah unggulan Madrasah Insan Cendekia di Kota Batam Kepulauan Riau, yang mulai beroperasi pada tahun ajaran 2016/2017.

"MAN IC diharapkan melahirkan calon pemimpin," kata Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan di Batam, Sabtu.

Nur Kholis mengapresiasi dukungan dan komitmen Pemerintah Pemerintah Provinsi dan DPRD Kepri dalam pendirian MAN IC.

Ia mengatakan sudah saatnya pemerintah daerah memberikan perhatian kepada madrasah, dan tidak hanya fokus pada sekolah, termasuk bantuan kepada madrasah swasta.

Dalam kesempatan itu, Nur Kholis mendorong DPRD Kepri memperjuangkan agar madrasah-madrasah swasta bisa mendapatkan perhatian anggaran, sehingga dapat menjadi madrasah yang ideal.

"Memang porsi anggaran bagi madrasah-madrasah swasta dirasa masih sangat kurang. Namun, bukan berarti mereka dianaktirikan dan tidak diperhatikan. Yang terpenting, kita terus memperjuangkan dengan argumentasi-argumentasi yang konkret dan data yang valid. Sehingga, madrasah yang ada bisa semakin baik," jelasnya.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mendukung kehadiran Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia dengan berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran pembangunan sekolah yang berlokasi di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa.

"Apa saja yang kurang, yang perlu untuk di tingkatkan, segera sampaikan ke kami. Nanti akan kami susun dan anggarkan," kata Jumaga.

Menurut dia, pendidikan berbasis agama sangat dibutuhkan di tengah era globalisasi dan gerusan jaman, sebagai landasan berpijak kepada pelajar dalam melangkah ke depannya.

"Antara ilmu pengetahuan dan agama sejalan. Agar generasi kita kedepannya baik," tegasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau Marwin Jamal mengatakan pendirian MAN Islam Cendekia merupakan ikhtiar Kemenag dalam memberikan akses dan meningkatkan mutu lulusan madrasah agar mampu bersaing dengan anak bangsa lainnya.

Kemenag sudah menyelesaikan pembangunan seluruh gedung yang terdiri dari 16 ruang kelas, berikut dengan asrama dan ruangan-ruangan lainnya.

Ia bertekad menjadikan MAN Insan Cendekia Batam memiliki kualitas pendidikan yang baik, setara dengan MAN Insan Cendekia lainnya.

"Kami bertekad untuk menjaga kualitas MAN IC Batam dengan kontrol mutu yang kuat supaya sama kualitasnya dengan MAN IC di Serpong, Gorontalo dan Jambi," kata dia.

MAN Islam Cendekia Batam, merupakan satu dari 20 MAN Islam Cendekia yang dibangun Kementerian Agama di seluruh Indonesia.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016