Praktik perploncoan dan kekerasan pada hari pertama sekolah akan menjadi fokus perhatian kita
Jakarta (ANTARA News) - Orang tua siswa kelas X SMA Negeri 70 beramai-ramai mengantar anak mereka pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2016/2017.

Para siswa dan orang tua mulai berdatangan ke sekolah yang terletak di Jalan Bulungan, Jakarta Selatan sejak pukul 06.00 WIB.

Siswa baru dijadwalkan akan mengikuti upacara pada hari pertama bersekolah yang menurut rencana akan ditinjau langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara News, orang tua murid akan mengikuti pertemuan dengan wali kelas masing-masing setelah upacara.

Mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah sesuai dengan anjuran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dilakukan untuk mencegah tindak kekerasan atau perploncoan di sekolah pada saat masa orientasi atau pengenalan.

Melalui anjuran yang telah dituangkan dalam surat edaran resmi tentang Kampanye Hari Pertama Masuk Sekolah, hubungan dan interaksi antara orang tua dan guru dapat terbangun untuk mengantisipasi tindak kekerasan yang mungkin terjadi di sekolah.

"Praktik perploncoan dan kekerasan pada hari pertama sekolah akan menjadi fokus perhatian kita. Kalau ada kepala sekolah yang sampai melakukan itu akan ada sanksi mutasi, bahkan pemberhentian," kata Anies pada Jumat (15/7).

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016