Jayapura (ANTARA News) - Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Anshor Provinsi Papua dan Papua Barat menyatakan mendukung dan siap mengawal jalannya musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Kota Jayapura.

"GP Anshor menyatakan sikap mendukung kepemimpinan Bung Marthinus Werimon dan siap untuk melaksanakan dan mengamankan proses Musdalub KNPI pada 21 Juli 2016," kata Pimpinan Wilayah GP Anshor Papua dan Papua Barat, Amir Mahmud Madubun di Kota Jayapura, Rabu.

Dukungan itu, kata Amir, merujuk pada hasil keputusan DPP GP Anshor yang telah menyatakan berafiliasi dengan KNPI dibawah pimpinan Fahd El Fouz A Rafiq yang telah menunjuk Bung Marthinus A Werimon sebagai caretaker Ketua DPD KNPI Provinsi Papua untuk segera menggelar Musdalub.

"Karena itu perintah organisasi maka seluruh tingakatan Gerakan Pemuda Anshor di Indonesia diminta rapatkan barisan ke DPP KNPI yang sah. Yang mendapat dukungan dari pemerintah," katanya.

Mengenai bentuk dukungan, politisi muda itu juga menyampaikan bahwa pihaknya akan menerjunkan Banser selama pelaksanaan Musdalub yang direncanakan akan digelar di Swisbell Hotel di Kota Jayapura.

"Kami siap turunkan Banser untuk mengawal Musdalub. Jumlahnya tergantung dari permintaan Bung Ketua Marthinus. Dan Banser siap berkoordinasi dengan OKP dan aparat keamanan setempat," katanya.

Mengenai adanya sejumlah opini dan pernyataan yang bernada ancaman, Amir menilai bahwa hal itu merupakan hal yang wajar, karena pro dan kontra bagian dari dinamika yang biasa terjadi di kalangan pemuda.

"Dinamika di Pemuda Papua itu hal yang wajar dan GP Anshor memandang bahwa ini dunia kepemudaan, maka dinamika itu jangan di matikan. Biarlah proses ini berjalan dengan alami, jangan dihalang-halangi, sehingga kita semua bisa melihat secara arif dan bijaksana," katanya.

"Tentunya kita harapkan, baik OKP dan DPD KNPI yang merupakan wadah berhimpun pemuda di seluruh Papua termasuk pemerintah daerah dapat mendukung demi kelangsungan pemuda kedepannya. Dukungan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk membangun generasi muda yang kaya pengalaman akan berorganisasi," tambah Amir Mahmud Madubun.

Musdalub KNPI Papua akan digelar pada Kamis (21/7) pagi hingga selesai di Kota Jayapura dan telah mendapatkan dukungan sebanyak 24 DPD dari 29 pengurus kabupaten/kota yang ada di Bumi Cenderawasih.

"Kami juga sudah mendapatkan dukungan dari 30 OKP dari 72 organisasi yang ada di Papua dan dalaam waktu dekat ada lagi OKP yang menyatakan dukungannya," kata Caretaker Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Marthinus Werimon.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016