Mengatasi kemiskinan dan kebodohan warga di kampung merupakan tantangan nyata harus kita hadapi bersama
Biak (ANTARA) - Tokoh pemuda Biak yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Biak Numfor Jimmy C.Krobo mengatakan, perjuangan nyata dihadapi pemuda orang asli Papua dalam memaknai semangat Hari Pahlawan yakni berperang mengatasi kemiskinan dan kebodohan yang masih mendera sebagian masyarakat di kampung-kampung di daerah itu.

"Mengatasi kemiskinan dan kebodohan warga di kampung merupakan tantangan nyata harus kita hadapi bersama. Apalagi dalam menghadapi bonus demografi 2045 kita perlu menyelaraskan strategi daerah di tengah tantangan global," ujarnya  terkait harapan memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023.

Baca juga: Tiket 12 KA di Daop Semarang didiskon peringati Hari Pahlawan 2023

Ia berharap, karya perjuangan dari pahlawan nasional asal Papua, seperti Frans Kaisiepo, Silas Papare, Marthen Indey dan Abraham Dimara dengan kisah sejarahnya ikut menjaga keutuhan NKRI dan mempersatukan rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Papua.

Makna yang bisa dipetik dari para perjuangan para pahlawan nasional asal Papua, menurut Krobo, mereka mampu berjuang sesuai dengan kapasitas dan talenta yang dimiliki mampu mewujudkan semangat persatuan dan kesatuan NKRI.

Ia mengakui, sebagai generasi muda Papua tugasnya untuk mengisi pembangunan di segala bidang merupakan bentuk penghormatan hasil perjuangan pahlawan terutama di bidang pendidikan dan kesehatan menjadi kebutuhan pokok masyarakat orang asli Papua.

Baca juga: Presiden RI anugerahkan gelar pahlawan nasional untuk enam pejuang

Salah satu dari program pemerintah daerah, menurut Krobo, pada 22 November 2023 di Biak akan diselenggarakan kegiatan nasional Sail Teluk Cenderawasih.

KNPI sebagai wadah berhimpunnya organisasi pemuda di Biak Numfor, menurut Krobo, siap mengisi hasil pembangunan daerah, salah satunya untuk mendukung suksesnya Sail Teluk Cenderawasih 2023.

"Ya ini dalam upaya mengimplementasikan visi misi Bupati Herry Ario Naap untuk mewujudkan masyarakat Biak Numfor yang religius, berkarakter dan berbudaya," kata Krobo.

Kegiatan menyambut Hari Pahlawan 10 November 2023 di Kabupaten Biak Numfor dilakukan upacara bendera dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cenderawasih.

Baca juga: MPR: Semangat Ratu Kalinyamat bisa jadi inspirasi bagi wanita RI

Pewarta: Muhsidin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023