... lalu mencoba mencari cara agar ini tak terjadi lagi. Tahun ini kami memutuskan menggandeng 40 asosiasi profesi film untuk membuat daftar pendek film-film untuk masuk ke tahap penjurian berikutnya...
Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini akan sedikit berbeda, terutama di tahap penjuriannya, menurut Ketua Bidang Penjurian FFI 2016, Olga Lydia, di Jakarta, Kamis.

Panitia FFI 2016 menggandeng 40 asosiasi profesi film untuk membantu menyeleksi film-film yang masuk. Mereka akan melakukan pemungutan suara dan memberikan rekomendasi film-film yang masuk, sehingga muncullah 15 film untuk diikutsertakan ke tahap penjurian berikutnya. 

"Tahun lalu di tahap penjurian, juri menonton terlalu banyak film. Kami lalu mencoba mencari cara agar ini tak terjadi lagi. Tahun ini kami memutuskan menggandeng 40 asosiasi profesi film untuk membuat daftar pendek film-film untuk masuk ke tahap penjurian berikutnya," ujar dia. 

Selanjutnya, 100 orang juri yang telah ditunjuk panitia akan menentukan lima nominasi terbaik untuk masing-masing kategori. Pengumuman nominasi rencananya akan dilakukan Oktober mendatang. 

"Hasilnya kita harapkan bisa lebih baik dan lebih fair, karena perhitungan oleh konsultan publik," kata Olga. 

Dia menambahkan, penyelenggaran FFI tahun ini diharapkan menjadi tolak ukur atau blueprint untuk pelaksanaan FFI yang lebih baik di tahun-tahun mendatang. 

Acara malam puncak penganugerahan Piala Citra yang sekaligus menjadi penutup seluruh rangkaian FFI 2016 akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan November mendatang.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016