Beliau punya pilihan dan pertimbangan sendiri."
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Asep Djembar Muhammad menilai kepemimpinan Rizal Ramli selama 11 bulan menjabat telah mencapai banyak prestasi.

"Saya kira 11 bulan Pak Rizal Ramli banyak sekali hasil yang dicapai, dan prestasi beliau sangat bagus selama ini," katanya di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, Asep berharap Luhut Binsar Panjaitan yang menjadi pengganti Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dapat melanjutkan dan membuat program-program baru yang bisa mempercepat pembangunan kemaritiman nasional.

Ia juga menilai digesernya Rizal Ramli oleh Luhut Binsar Panjaitan adalah hak prerogatif  keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Beliau punya pilihan dan pertimbangan sendiri. Tapi, mudah-mudahan Pak Menko yang baru bisa melanjutkan dan membuat program-program baru yang kira-kira bisa lebih mempercepat program pembangunan kemaritiman di Indonesia," tuturnya.

Luhut Binsar Panjaitan, yang sebelumnya menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), ditunjuk Presiden Jokowi  untuk menempati posisi baru sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dalam perombakan (reshuffle) kedua Kabinet Kerja.

Rizal Ramli menjadi Menko Bidang Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

Sebelum pengumuman perubahan menteri oleh Presiden Jokowi, Rabu siang, Rizal Ramli melalui akun Twitter menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan publik atas kinerjanya.

Cuitan yang menyiratkan penyesalan itu terlihat, seperti tanda akan dikeluarkannya mantan aktivis itu dari jajaran pemerintahan, setelah santer isu reshuffle kabinet.

"Saya telah mencoba berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat Indonesia. Terima kasih rakyat Indonesia ..," cuitnya melalui akun @RamliRizal, Rabu pagi.



Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016