Banjarmasin (ANTARA News) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan, masih ada ratusan Visa Calon Jamaah Haji (Calhaj) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang belum beres hingga kini.

Kabid Pengelolaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Syukeriansyah, Minggu, mengungkapkan, dari kuota haji sebanyak 3.050 orang Calhaj Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan tahun ini sebagiannya masih belum beres proses pembuatan Visa.

"Ya, sekitar 500 orang lah yang masih belum beres itu, sekarang ini masih tahap pembuatannya diupayakan pihak Kemenag pusat," paparnya.

Syukersiansyah menyatakan, hal itu masih bisa terjadi, hingga tidak perlu dirisaukan para Calhaj yang belum beres dukomen Visa perjalanan ibadah hajinya ke tanah suci Makkah dan Madinah.

"Insya Allah, beres saja sebelum mereka mau diberangkatkan nantinya, jadi tidak perlu ada yang risau," ujarnya.

Menurut dia, Embarkasi Banjarmasin akan masuk kloter gelombang pertama keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci Makkah dan Madinah pada tanggal 9 Agustus 2016 ini.

"Jadi pada gelombang pertama keberangkatan haji nasional itu, embarkasi daerah kita juga menerbangkan satu kloter," paparnya.

Sebagaimana qurah atau gelar undian keberangkatan haji Kalsel, kata Syukeriansyah, Calhaj dari daerah Banjarbaru dan Talah Laut menjadi kloter pertama yang akan masuk asrama haji tahun ini, dan diberangkatkan ketanah suci.

"Jadi kloter pertama kita akan masuk asrama pada tanggal 8 Agustus, pada 9 Agustus diberangkatkan dengan Saudi Arabia Airline," ucapnya.

Sejauh ini, ungkap Syukeriansyah, tidak ada kabar lagi ada Calhaj yang diinformasikan mengtundurkan diri untuk keberangkatan terkecuali satu Calhaj dari Hulu Sungai Selatan yang lalu karena wafat.

"Satu pesan kita menjelang keberangkatan ini, jaga betul-betul kesehatan jasmani dan rohani, sebab perjalanan ibadah ini akan memerlukan tenaga dan pikiran yang besar," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016