Jakarta (ANTARA News) - Ribuan pendukung fanatik Persibaya, Bonek Mania, mulai pulang setelah didatangi salah satu anggota Komisi Eksekutif PSSI, Tony Apriliani, di titik kumpulnya, Stadion Tugu, Jakarta Utara, Rabu.

Ribuan Bonek Mania itu secara sukarela pulang ke daerahnya masing-masing setelah mendapatkan kepastian surat jaminan tentang Persibaya telah sah, dan tuntutan Bonek tentang pengesahan Persibaya akan diagendakan dalam Kongres PSSI yang akan kembali digelar pada 17 Oktober 2016 mendatang.

"Saya saat ini datang bersama surat yang saya janjikan kemarin dan saat ini suratnya sudah ditandatangani sembilan Komite Eksekutif yang artinya sudah memenuhi syarat sebagai sesuatu yang sah," kata Apriliani, di hadapan ribuan Bonek Mania, di Stadion Tugu, Jakarta Utara.

Dia mengatakan, surat yang telah ditandatangani itu langkah awal "pemutihan" Persibaya dan bisa kembali bermain di persepakbolaan nasional. "Insyaallah saya juga akan perjuangan ini di kongres," kata dia.

Setelah mendengarkan pernyataan itu akhirnya mereka mau untuk dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, yang hadir di lokasi, mengatakan, mereka telah menyiapkan 10 unit bus untuk mengangkut sekitar 1.000 Bonek yang akan pulang hari ini.

Bonek datang ke Jakarta menuntut tiga hal, yaitu, pertama, mendesak PSSI memulihkan status keanggotaan Persebaya, kedua mendesak PSSI mengakui dan mengikutsertakan Persebaya di kompetisi nasional.

Ketiga, menanyakan tindak lanjut sengketa perebutan merk dan logo Persebaya yang melibatkan PT Persebaya Indonesia (PTPI) dengan PT Mitra Muda Inti Berlian.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016