Padang (ANTARA News) - Uji coba railbus yang dilakukan oleh pihak PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divre II Sumatera Barat (Sumbar), pada Rabu pukul 10.15 WIB dari Padang menuju Kayutanam akhirnya dibantu dengan lokomotif tambahan.

Sebelumnya railbus mengalami beberapa kali kerusakan dalam perjalanannya menuju Kayutanam, namun ketika sampai di daerah Batang Anai akhirnya diputuskan untuk menggunakan lokomotif tambahan guna menderek railbus.

"Tujuan uji coba kali ini sebenarnya memiliki dua tujuan, yaitu memastikan kondisi railbus yang merupakan sarana dan jalur atau jembatan yang merupakan prasarana, ternyata dalam perjalanan Railbus ini mengalami kerusakan," kata Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Sulthon Hasanudin di Kayutanam, Rabu.

Ia menambahkan dari dua tujuan uji coba ini mau tidak mau perjalanan ke Kayutanam harus tetap dilanjutkan guna memastikan prasarana yang ada, salah satu caranya adalah dengan mendatangkan lokomotif bantuan dari Padang.

Selanjutnya, ia mengemukakan bahwa untuk pengoperasian nanti tetap akan menggunakan railbus ini, jika saat ini terjadi kerusakan maka ke depannya akan dilakukan perbaikan.

"Proyeksi ke depannya kami tetap akan menggunakan railbus ini, bahkan untuk sekarang kami ditemani oleh dua orang dari PT Industri Kereta Api Indonesia (PT INKA)," ujarnya.

Terkait jenis kerusakan yang terjadi, Sulthan tidak memberikan komentar banyak, sebab untuk mengetahuinya perlu pemeriksaan lebih lanjut.

"Mengenai kerusakan kami menyerahkannya pada teknisi dari PT INKA yang merupakan produsen dari railbus ini, apa lagi untuk skema perawatan dan perbaikan kita memang masih menempel pada mereka," ujarnya.

Sementara itu salah seorang teknisi dari PT INKA, Haqqul mengatakan belum bisa memastikan kerusakan yang terjadi sebab harus diperiksa terlebih dahulu.

"Sebelum memastikan kerusakan yang terjadi, kami harus memeriksa railbus ini, bisa jadi kerusakan terjadi pada mesin," lanjutnya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016