Rio de Janeiro (ANTARA News) - Michael Phelps dari Amerika Serikat memenangi medali emas renang dari gaya ganti 200m perseorangan putra Olimpide Rio Kamis malam waktu setempat untuk merebut medali emas ke-22 yang dia sabet dari ajang Olimpide. Tidak hanya itu, dia menjadi perenang pertama di dunia yang menjuarai nomor ini pada empat Olimpiade berturut-turut.

Perenang Jepang Kosuke Hagino meraih medali perak, dan Wang Shun dari China kebagian perunggu. Kedua perenang melesat pada putaran terakhir setelah jauh tertinggal pada urutan lima dan tujuh.

Ini adalah penampilan luar biasa lainnya dari Phelps (31) yang kini telah menjuarai dua nomor perseorangan dan dua emas nomor estafet pada Olimpiade Rio, dua tahun setelah istirahat dari renang.

Todal medali yang sudah direbutnya adalah 26, termasuk dua perak dan dua perunggu, dan masih berkesempatan menambah lagi medali karena bakal turun pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu.

Perenang Brasil Thiago Pereira melesat di depan Phelps pada gaya kupu-kupu, disusul Ryan Lochte dan Hagino. Ketiga perenang hampir berenang bersamaan saat gaya dada, dengan Lochte sedikit lebih di depan.

Phelps lalu menyalip Pereira dan Lochte pada putaran terakhir, dan tidak hanya oleh Phelps, kedua perenang juga akhirnya disalip Hagino dan Wang.

Empat emas berturut-turut Phelps pada satu Olimpiade adalah unik untuk seorang perenang. Dia menyamai prestasi Al Oerter pada lempar cakram dan Carl Lewis dalam lompat jauh, demikian Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016