Jayapura (ANTARA News) - Sekitar 2.000-an lebih anak-anak yang berasal dari pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) di Kota Jayapura, Papua, Sabtu pagi, ikut meramaikan pawai karnaval guna menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Pantauan di lapangan, anak-anak PAUD dan TK yang didampingi guru dan orang tua itu datang dari Distrik Abepura dan Heram di ibu Kota Provinsi Papua, Kota Jayapura sejak pukul 07.30 WIT kemudian berkumpul di Lapangan Trikora, Distrik Abepura.

Anak-anak itu berpakaian ala polisi, tentara, pilot, perawat, dokter hingga pakaian adat masing-masing daerah.

Ketua panitia HUT pawai karnaval tingkat PAUD dan TK Distrik Abepura dan Heram, Dekontria Tuhumury dalam sambutannya mengatakan pawai karnaval ini diikuti 63 PAUD dan TK se-Distrik Abepura dan Heram yang diinisiasi oleh Ikatan Guru TK (IGTK) se-Kota Jayapura dengan sponsor Funstation Saga Abepura.

"Pawai karnaval ini secara resmi dibuka resmi oleh Kadis Pendidikan Kota Jayapura yang diwakili oleh Kabid PLS Nurjaya," kata Dekontria.

Sementara itu, Kabid PLS Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Nurjaya meminta maaf karena Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudyasa tidak bisa hadir karena sedang mengikuti kegiatan lainnnya yang tidak bisa diwakilkan.

"Saya mohon maaf karena Pak Kadis Pendidikan, tidak bisa hadir karen ada acara. Kami juga apresiasi kepada orang tua yang telah datang dan mendampingi anak-anak di pagi ini," katanya.

Menurut dia, pawai karnaval itu bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak sejak usia dini, sehingga kelak nanti mempunyai rasa memiliki bangsa dan negara Indonesia.

"Seyogyanya acara ini untuk menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-71, perlu kiranya tahu bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, agar anak-anak tahu bahwa 17 Agustus 1945 merupakan HUT Kemerdekaan RI," katanya.

Dua ribuan anak-anak PAUD dan TK itu star dari Lapangan Trikora melewati depan Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) bagian bawah, kemudian memutar di Lingkaran Abepura, masuk Jalan Biak kemudian kembali ke Uncen bawah dan finis di Lapangan Trikora.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016