Gubernur Sultra: impian bangun jembatan Teluk Kendari terwujud

Gubernur Sultra: impian bangun jembatan Teluk Kendari terwujud

Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Kendari (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam mengatakan impian untuk membangun jembatan melintasi Teluk Kendari akhirnya terwujud.

"Peresmian pamancangan tiang pembangunan jembatan Teluk Kendari oleh Sekjen Kemen PUPR hari ini sebagai bukti bahwa mimpi itu kini jadi kenyataan," kata Gunernur Sultra usai pemancangan tiang jembatan Teluk Kendari di Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, pembangunan Jembatan Teluk Kendari ini memiliki multiplier effects bagi pembangunan di Sulawesi Tenggara.

Nur Alam mengaku, diawal rencana pembangunan jembatan, banyak polemik yang muncul untuk menentang pembangunan jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kendari tersebut.

"Alhamdulillah setelah berhasil meyakinkan tujuan dan manfaat pembangunan jembatan ini, pemerintah pusat akhirnya mendukung program ini," katanya.

Pembangunan jembatan dengan total anggaran mencapai Rp729 miliar bersumber dari Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN) dan dikerjakan secara bertahap selama tiga tahun hingga tahun 2018.

"Untuk konstruksi jembatan Teluk Kendari ini menggunakan cable stayed yang serupa dengan jembatan Barelang di Batam, Jembatan Suramadu di Jawa Timur dan jembatan Merah Putih di Ambon,"katanya.

Jembatan Teluk Kendari, yang akan menghubungkan Kecamatan Kendari (utara teluk) dan Kecamatan Abeli (selatan teluk) dengan panjang sekitar 1,3 kilometer, akan dikerjakan oleh konsorsium kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP) dan PT Nindya Karya.

Pewarta: Suparman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Pemkot Kendari pastikan tidak ada kerumunan pada malam tahun baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar