New Delhi (ANTARA News) - India kemungkinan akan mencetak rekor dengan meluncurkan 68 satelit asing dalam satu misi tahun depan, demikian disampaikan seorang pejabat.

"Ada banyak sekali peluncuran, rencananya sekitar 68 satelit, di mana beberapa belum diselesaikan," kata Rakesh Sasibhushan, Kepala Organisasi Riset Ruang Angkasa India dilansir Xinhua.

"Kami mendapat perintah untuk meluncurkan 68 satelit dari berbagai negara, termasuk 12 dari PlanetiQ, sebuah perusahaan satelit peramalan cuaca yang berbasis di Amerika Serikat," tambahnya.

Diketahui, Badan Antariksa India telah mencatat sejarah pada Juni ketika berhasil meluncurkan 20 satelit dalam misi tunggal peluncuran satelit PSLV-C34 dari pelabuhan antariksa selatan Sriharkota.

Rekor itu sebelumnya dipecahkan 2008 ketika meluncurkan 10 satelit sekaligus.

Lembaga ruang angkasa tersebut telah meluncurkan 74 satelit asing, termasuk dari negara-negara maju seperti Belgia, Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Israel dan AS selama 15 tahun terakhir, menggunakan Polar Satellite Launch Vehicle, yang dapat diandalkan.

Selain itu, misi satelit yang murah dan cepat milik India tersebut telah menarik banyak perhatian dunia global dari komunitas ilmiah serta negara-negara lainnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016