Kailua-Kona, Hawaii (ANTARA News) - Angin topan Madeline melemah menjadi badai tropis, Rabu, saat mengarah ke Big Island di Hawaai, sementara peringatan angin topan dikeluarkan untuk badai lain yang mendekati Pantai Teluk di Florida, dimana gubernur mengeluarkan pernyataan darurat.

Angin kencang dan hujan lebat menyerang bagian barat laut Floridan dan Big Island saat para penduduk bersiap untuk menghadapi cuaca yang lebih buruk.

Para pejabat Hawaii membuka sejumlah tempat perlindungan dan menutup perkantoran, sekolah dan jalanan pada Rabu (Kamis WIB) untuk bersiap menghadapi topan Madeline, yang diperkirakan akan melewati bagian selatan Big Island.

"Kami semua sebaiknya berlindung saat badai melintas," ujar juru bicara Pertahanan Sipil Hawaii, Kanani Aton.

Topan Madeline, yang melemah menjadi angin berkecepatan sekitar 113 kilometer per jam pada Rabu sore, terjadi di sekitar 121 kilometer ke arah tenggara Big Island, ujar seorang meteorologis dari Pusat Angin Topan Pasifik Tengah, Ray Tanabe.

Badai tropis itu, sebelum bergerak ke arah barat menjauhi Hawaii, dapat memberikan hujan sekitar 40 sentimeter di sejumlah wilayah Big Island, menurut Dinas Cuaca Nasional.

Badai itu menyerang pulau tersebut dengan hujan dan angin, yang menyebabkan ditutupnya sejumlah jalan, Tanabe mengatakan.

Angin Topan Lester, yang saat ini menjadi badai kategori empat, dapat memberikan dampak terhadap Hawaii pada akhir minggu.

Gubernur Hawaii David Ige menandatangani sebuah proklamasi darurat yang berlaku hingga 9 September, yang membebaskan sumber daya negara bagian itu.

Sementara itu, Pusat Angin Topan Nasional (NHC) mengeluarkan sebuah peringatan angin topan terhadap bagian barat laut Florida saat Badai Tropis Hermine terus menguat di bagian barat Teluk Meksiko.

Badai itu berada di sekitar 510 kilometer ke arah barat-barat daya Tampa dengan kecepatan angin maksimum 95 kilometer per jam, lembaga peramal cuaca dari Miami mengatakan pada Rabu.

Pihak NHC mengatakan bahwa penguatan badai itu diperkirakan akan terjadi dalam 24 hingga 36 jam ke depan, dan badai Hermine diperkirakan akan menjadi sebuah angin topan saat mencapai Pantai Teluk Florida pada Kamis siang dan kemudian akan bergerak melalui bagian utara negara bagian itu dengan hujan lebat, kemudian mengarah ke arah timur laut di sepanjang Pantai Atlantik.

Gubernur Florida mengeluarkan pernyataan keadaan darurat pada Rabu sebelum adanya bagai itu saat banyak sekolah di sepanjang Pantai teluk itu menghentikan segala kegiatan selepas sekolah dan memerintahkan para pelajar untuk tetap berada di dalam rumah pada Kamis.

Hujan lebat telah membasahi sejumlah wilayah negara bagian itu pada Rabu. Hingga sekitar 50 sentimeter hujan dapat membasahi bagian barat laut Florida, NHC mengatakan, memperingatkan adanya badai besar dan "banjir yang mengancam nyawa".

Pada jalurnya saat ini, badai itu menjatuhkan hujan sekitar 25 sentimeter di sejumlah wilayah pantai Georgia, yang berada di bawah pengawasan badai tropis.

Lori Hebert, 40, terbangun pada Rabu saat air bah memasuki rumahnya di wilayah Pantai Tampa. Sejumlah ikan terdampar di jalanan saat banjir di jalanan Gulfport, yang merupakan sebuah kota kecil di dekat pantai.

"Kami belum mengalami badai utamanya saat ini," ujarnya sambil meletakkan sejumlah karung pasir dalam mobilnya.

Lokasi produksi minyak dan gas Amerika Serikat di bagian timur Teluk Meksiko memulangkan para pekerjanya dari 10 lokasi lepas pantainya, memindahkan alat pengeboran dan menutup sejumlah aliran listrik dikarenakan badai itu.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016