Sidoarjo (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan komitmen kepala daerah merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan pelayanan publik demi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Salah satu pesan Presiden Republik Indonesia sejak saya dilantik adalah untuk fokus pada upaya meningkatkan pelayanan publik," katanya saat peluncuran tujuh inovasi publik berbasis teknologi informasi di Lingkungan Polda Jatim di Polres Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.

Ia mengemukakan, pihaknya sangat bangga Jatim terus berinovasi dan mengaku banyak mendapat inspirasi setelah berkunjung ke Jatim kali ini.

"Kami berharap bahwa pelayanan publik harus dimanfaatkan secara baik ke depan dan juga diaplikasikan kepada seluruh wilayah yang ada di Indonesia," katanya.

Ia mengemukakan, inovasi yang dilakukan oleh polres-polres di Jatim ini sangat inspiratif dan membuktikan bahwa polisi modern telah hadir di republik Ini.

"Polisi modern di Jatim hadir. Polisi dikatakan modern ketika masyarakat yang membutuhkan pelayanan bisa langsung tertangani secara cepat dan tepat," katanya.

Ia mengatakan, kedepan dirinya akan membawa inovasi-inovasi yang sudah dilakukan ini untuk ditularkan secara baik kepada daerah lain di Indonesia.

"Saya mohon izin ke Pak Kapolri agar polres-polres yang memiliki inovasi akan kami bawa ke polres-polres di Indonesia. Supaya polres di Indonesia terinspirasi, serta membuat pelayanan publik secara profesional dan positif," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Timur Soekarwo menegaskan, bahwa partisipatoris merupakan cara demokrasi yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Jatim dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat secara baik.

"Partisipatoris merupakan cara kami memberikan pelayanan publik bagi masyarakat Jatim. Selain itu, pelayanan publik itu harus dilakukan dengan cara pemberdayaan masyarakat dan melibatkan peran serta partisipasi dari masyarakat yang dilayani," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Kemenpan RB, Jatim memperoleh 32 penghargaan atas kinerja pelayanan publik dari Jatim.

"Dari TOP 35 Inovasi pelayanan publik, Jatim memperoleh 12 penghargaan di bidang pelayanan publik. Bahkan, pelayanan publik Jatim masuk pada 9 TOP Inovasi pelayanan publik nasional," katanya.

Ia menambahkan pelayanan publik dari Jatim yang dijadikan contoh nasional adalah ATM Samsat yang dilakukan oleh Dispenda Jatim. "ATM Samsat ini teknologinya diciptakan langsung Polisi dan petugas samsat bukan dari ahli teknik," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016