Jakarta (ANTARA News) - DPR segera melakukan uji kelayakan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua DPR RI Ade Komarudin setelah bertemu denga Forum Pemimpin Redaksi di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat mengatakan awal pekan depan dilakukan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi dengan pimpinan DPR RI.

"Kami akan proses rapim, Senin akan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi, biasanya Komisi I kemudian diumumkan dalam rapat paripurna terdekat, setelah itu fit and proper oleh Komisi I," kata Ade Komarudin.

Rapat konsultasi yang akan dilangsungkan pada Senin pekan depan, kata Ade Komaruddin, akan dipimpin oleh para wakil ketua DPR, yakni Taufik Kurniawan, Fadli Zon dan Fachri Hamzah.

Ade Komaruddin dijadwalkan memimpin tim pengawas ibadah haji, sementara Agus Hermanto dijadwalkan menghadiri pertemuan ketua parlemen ASEAN di Laos.

Pimpinan DPR menerima surat pergantian Kepala Badan Intelijen Negara, yang menyebutkan Komjen Pol Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso. Surat itu disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016