Jakarta (ANTARA News) - Pelaku perampokan dan penyanderaan di sebuah rumah di kawasan Bukit Hijau IX, Pondok Indah, Jakarta Selatan, sempat memeras penghuni rumah.

"Awalnya pencurian dengan kekerasan, tetapi ada juga pemerasan, meminta dompet, ponsel," kata Kabid Humas Polda Metro jaya, Kombes Awi Setiyono, di lokasi kejadian, Sabtu petang.

Awi mengatakan, para pelaku akhirnya mengendorkan aksinya setelah mengetahui polisi datang.

"Dari keterangan korban, kelihatannya para tersangka ini down setelah mendengar polisi datang. Polisi datang, melakukan komunikasi, negosiasi. Mereka pun mulai kendor," katanya.

Saat penggerebekan, lanjut Awi, korban dan pelaku posisinya berdekatan di lantai tiga. Korban ditemukan dalam kondisi luka ringan dan terguncang secara psikis.

Polisi sudah berhasil membebaskan total tiga orang sandera yaitu istri dan anak pemilik rumah serta asisten rumah tangga, sedangkan pemilik rumah, Asep Sulaiman, dibebaskan setelahnya.

Sementara dua orang pelaku, telah diringkus oleh petugas kepolisian dan digiring ke Mapolda Metro Jaya menggunakan dua unit mobil berbeda.

Pantauan Antara News di lokasi kejadian, petugas masih berjaga di dalam pagar rumah. Warga yang penasaran pun masih banyak yang belum beranjak dari sekitar rumah.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016