Tokyo (ANTARA News) - Gelandang Jepang Keisuke Honda memarahi rekan-rekan setimnya yang lebih muda setelah kekalahan mengejutkan mereka dari Uni Emirat Arab (UEA), dan meminta lebih banyak upaya dari mereka pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia selanjutnya melawan Thailand pada Selasa.

Jepang kalah 1-2 dari tamunya yang merupakan tim peringkat 74 dunia UEA pada pertandingan pembukaan Grup B mereka pada Kamis, dan kekalahan di Bangkok akan menjadi hantaman serius lainnya terhadap harapan-harapan mereka untuk melaju dari grup yang dihuni dua tim kuat lainnya Australia dan Arab Saudi.

"Sejumlah pemain yang terkejut menonton dan membaca berita maka mereka tahu apa yang saya katakan," kata Honda, yang mencetak gol semata wayang bagi timnya saat melawan UEA, kepada media Jepang setelah latihan di Bangkok.

"Saya tidak berpikir mereka akan mengubah jalan, namun mungkin menjadi cermat terhadap fakta bahwa mereka harus melakukan lebih banyak upaya."

"Saya ingin memberi mereka kesempatan untuk mengubah pola pikir mereka. Saya harus mendorong tim ke depan saat diperlukan, dan itu bukan hanya saya. Ada sejumlah pemain berpengalaman di tim ini yang merasakan hal yang sama."

"Pemain-pemain muda tidak dapat saling mengharapkan untuk memimpin tim dan saya yakin mereka mulai memahaminya. Semua orang harus bangkit dan berhitung. Itulah tim nasional Jepang."

Thailand, yang menghuni peringkat 120 dunia, menikmati laju impresif menuju fase final kualifikasi zona Asia dan tampil cukup baik meski kalah 0-1 dari Arab Saudi di Riyadh.

Gelandang AC Milan Honda mengatakan bahwa Jepang, yang menghuni peringkat 49 dunia, akan perlu tampil total dengan niat untuk memenangi sisa pertandingan-pertandingan kualifikasi.

"Kami harus menuju pertandingan berikutnya dengan kepercayaan diri dan dengan pola pikir positif," kata pemain 30 tahun itu pada komentar-komentar yang dipublikasi kantor berita Kyodo.

"Terdapat tekanan dari awal (kualifikasi) namun kami telah mengalami situas-situasi dengan tekanan lebih tinggi daripada ini sebelumnya, dan kami harus menghadapinya."

Australia, yang menang atas Irak pada Kamis, memuncaki klasemen Grup B dengan keunggulan selisih gol dari UEA dan Arab Saudi.

Dua tim teratas dari masing-masing grup lolos otomatis ke Rusia, sedangkan tim peringkat ketiga memainkan playoff antar benua. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016