Jakarta (ANTARA News) - Portugal yang berlaga tanpa kapten Cristiano Ronaldo yang cedera lutut menelan kekalahan 0-2 dari Swiss pada laga pertama Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Jacob Park, Basel, Rabu dini hari WIB.

Kekalahan ini juga menyudahi catatan gemilang pelatih Fernando Santos yang membimbing Portugal tak terkalahkan dalam 14 laga kompetitif dan menjuarai Piala Eropa 2016.

Buntunya lini serang Portugal juga disebabkan absennya pemain muda Renato Sanches yang kerap jadi penyelamat Portugal pada laga Piala Eropa lalu.

Kekalahan ini akan menjadi pelajaran berharga bagi Portugal yang akan menghadapi Andora pada laga kedua. Adapun Swiss akan bertemu Hungaria pada 8 Oktober 2016.

Swiss unggul 1-0 melalui sundulan Breel Embolo berkat umpan dari tendangan bebas yang dilepaskan Rodriguez pada menit 23. Breel Embolo merupakan pelapis gelandang Stoke City, Xherdan Shaqiri, yang absen akibat cedera.

Admir Mehmedi menggandakan kedudukan Swiss menjadi 2-0 melalui sepakan kaki kanan usai menyelesaikan umpan pendek Haris Seferofic pada menit 30.

Pada awal babak kedua Portugal mencoba bangkit dengan peluang-peluang yang diciptakan Luis Nani dan Bernardo Silva, namun tidak ada gol.

Menjelang laga usai, Swiss kembali menguasai jalannya laga dengan beberapa peluang yang diciptakan Granit Xhaka. Namun pemain Arsenal itu terlalu agresif sehingga diganjar kartu kuning kedua pada menit 90. Skor 2-0 untuk Swiss bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.

Susunan pemain:
Swiss (4-2-3-1):
Sommer; Lichtsteiner, Djourou, Schar, Rodriguez; Behrami, Xhaka; Embolo, Dzamaili, Mehmedi; Seferovic.

Portugal (4-3-3): Patricio; Cedric, Pepe, Fonte, Raphael Guerreiro; Moutinho, Carvalho, Adrien Silva; Bernardo Silva, Eder, Nani.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016