Bali (ANTARA News) - ASUS resmi meluncurkan produk smartphone android generasi ketiga-nya yakni ZenFone 3 untuk pasar Indonesia melalui acara Zenvolution, yang digelar di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu.

"ZenFone 3 telah menjadi sensasi global saat ia pertama kali diungkap ke publik pada Computex 2016. Kami bangga dan sangat menghargai dukungan penuh seluruh pengguna setiap di Indonesia selama ini," kata Chief Executive Officer ASUS Jerry Shen.

Seri ZenFone 3 yang dirilis dalam acara tersebut adalah ZenFone 3 Standar, ZenFone 3 Deluxe, ZenFone 3 Laser, ZenFone 3 Max dan ZenFone 3 Ultra.

Adapun dari sisi harga, kelima jenis ZenFone 3 tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp 2,2 juta untuk yang paling murah dan yang termahal untuk seri ZenFone 3 Deluxe dibandrol dengan harga Rp11 juta.

Jerry mengatakan berfitur desain yang muktahir, kamera canggih dan generasi prosesor Qualcomm terbaru, seri ZenFone 3 ini mendorong pengguna untuk mengeksplorasi hobi fotografi, lebih menikmati multimedia dan melakukan hal lainnya dengan smartphone tersebut.

"Seri Zenfone 3 tersedia dengan desain yang memakai material premium, teknik konstruksi baru dan detail desain yang jenius serta punya bezel sangat tipis untuk optimalisasi. Screen-to-body ration yang membuatnya menjadi salah satu smartphone tertipis dan paling kompak ukurannya," kata dia.

Sisi depan dan belakang ZenFone 3 dibalut dengan lapisan kaca dan panel kaca tersebut mendukung kontur sudut 2.5D yang mereka dengan metal frame untuk menghadirkan daya genggam lebih baik.

Sensor sidik jari pada body ZenFone 3 memungkinkan perangkat bisa dibuka dengan lebih cepat dan fitur ini sekaligus berfungsi sebagai otentifikasi biometrik.

Menurut Jerry, ZenFone 3 ini mendukung penggunanya untuk dapat mengambil foto-foto jauh lebih mudah dan indah dan Kamera ASUS PixelMaster 3.0 yang disediakan saat ini dilengkapi dengan fitur fokus lebih cepat di berbagai kondisi, mengambil gambar lebih baik, jernih dan akurasi warna yang lebih tinggi.  

"Untuk optimalisasi pengambilan gambar, ASUS ZenFone 3 memakai sistem TriTech auto focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen. Ketiganya adalah pendeteksi kontras untuk continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,5 meter dan phase detection," kata dia.

Apabila dikombinasikan, lanjut Jerry, ketiga teknologi ini akan menghadirkan auto focus sangat cepat yakni 0,03 detik dalam kondisi apapun.

Seluruh varian ZenFone 3 memiliki display layar sentuh resolusi full HD 1920 x 1080 dengan Super IPS+ yang membuatnya menjadi ideal untuk menyaksikan film atau konten multimedia lainnya.

Asus ZenFone 3, kata dia, adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang diperkuat dengan prosesor octa-core terbaru Qualcomm Snapdragon 625 yakni prosesor versi pertama dari lini produk Snapdragon 600 series yang diproduksi dengan teknologi proses FinFET 14 nanometer.

Sementara itu, untuk kecepatan performa internet, ASUS ZenFone 3 memanfaatkan modem Qualcomm Snapdragon X9 LTE modem yang terintegrasi dan jjuga konektivitas Multi User Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO) berbasis wifi 802.11 ac.

"Secara teoritis, interkoneksi wifi ini mampu menawarkan kecepatan transfer hingga 7 Gbps dan 900 MBps," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016