Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi ASUS mengumumkan kehadiran generasi terbaru ponsel Zenfone, yakni Zenfone 10, yang hadir dengan chip besutan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

Zenfone 10, dalam siaran pers ASUS, Jumat, selain chip Snapdragon Gen 2 juga didukung oleh memori RAM LPDDR5X hingga 16GB dan penyimpanan (ROM) UFS 4.0 hingga 512GB untuk memberikan performa terbaik.

Meskipun titel gaming disematkan kepada ROG Phone, ASUS memberikan fitur Snapdargon Elite Gaming kepada Zenfone 10 sehingga ponsel itu memiliki kemampuan mobile gaming yang mumpuni dan multitugas.

ASUS mempertahankan fitur unggulan seri Zenfone, yakni kamera, untuk ponsel terbaru itu. Kamera belakang 50MP dilengkapi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0, gimbal optical image stabilization yang menjamin video tidak bergoyang meskipun kamera bergerak.

Gimbal akan memantau pergerakan ponsel dan menggunakan informasi itu untuk menyesuaikan seluruh modul kamera. Dengan Hybrid Gymbal Stabilizer terbaru, Zenfone 10 bisa mengompensasi pergeseran hingga 3 derajat.

Baca juga: Konsol gaming portabel ROG Ally rilis di Indonesia, harga Rp10 jutaan

Kamera belakang juga dibekali dengan fitur ultrafast autofocus yang bisa bereaksi halus terhadap perubahan autofokus dan Adaptive EIS, gyro bawaan untuk mendeteksi gerakan sehingga kamera bisa menyesuaikan secara dinamis ukuran bidang pandang supaya video tetap stabil.

Untuk fotografi, ASUS memberikan mode Jejak Cahaya dan Pemotretan Cepat yang tetap bisa diakses saat layar ponsel dimatikan. Zenfone juga dilengkapi dengan fitur baru Quick Shot, pengguna bisa memotret secara instan dengan menekan tombol volume dua kali.

Selain kamera utama 50MP, yang menggunakan sensor Sony IMX 766, Zenfone 10 juga memiliki lensa ultrawide 13MP bersudut 120 derajat di bagian belakang ponsel. Sementara di depan, ASUS menyematkan kamera 32MP yang ditingkatkan dengan sensor RGBW dan kerapatan piksel 1,4 mikrometer.

Baca juga: ASUS luncurkan laptop paling tipis dan ringan di dunia

Piksel putih yang ditambahkan kepada RGB bisa meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan saat mengambil gambar di lingkungan yang redup.

ASUS memberikan kapasitas 4.300mAh untuk baterai ponsel. Meskipun kapasitas sama dengan pendahulunya Zenfone 9, masa pakai baterai pada Zenfone 10 meningkat 12,9 persen berkat CPU dan komponen hemat daya. Zenfone 10 juga diberikan kemampuan HyperCharge 30W dan pengisian daya nirkabel.

Zenfone 10 dipastikan akan hadir di Indonesia, namun, belum diketahui kapan tepatnya ponsel itu akan meluncur di Tanah Air.

Baca juga: ASUS ROG Phone 7 series dilengkapi dengan Snapdragon 8 Gen 2

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023