Jakarta (ANTARA) - ASUS Indonesia mengumumkan untuk 2024 bakal memboyong cukup banyak laptop gaming andalannya ke Indonesia dan bakal melengkapinya dengan berbagai lini baik itu dari The Ultimate Force (TUF) hingga Republic Of Gamers (ROG).

"ROG, TUF, dan semuanya bakal masuk ke Indonesia dalam waktu dekat mulai dari Februari 2024 dan beberapa waktu ke depannya. Ada macam-macam line up-nya mulai dari ROG Strix Scar, Zephyrus G14/G16, dan TUF gaming F16 dan A15," kata Technical PR ASUS Indonesia Riandanu Utomo dalam media gathering ASUS ROG di Jakarta, Rabu.

ASUS pun membahas satu persatu keunggulan dari produk-produk yang akan dirilis di Indonesia secara lebih rinci.

Baca juga: ASUS ROG umumkan laptop OLED pertamanya dengan "Variable Refresh Rate"
 
Ilustrasi laptop TUF Gaming F16. (ANTARA/HO-ASUS)


Lini TUF

Di Indonesia, ASUS menyebutkan ada dua laptop gaming dari TUF yang akan hadir yaitu TUF Gaming F16 dan TUF Gaming A15.

Untuk TUF Gaming F16 akan hadir dengan ukuran layar 16 inci dan ditenagai oleh prosesor baru berupa CPU hingga Intel® Core™ i7-13650HX yang lebih optimal kinerjanya dari generasi sebelumnya.

Sementara dari sisi grafis dan visual, laptop gaming ini dibekali dengan GPU yang baru NVIDIA GeForce RTX 4060 yang kinerjanya didukung dengan layar resolusi Full HD (FHD) dengan refresh rate 165Hz.

Apabila TUF Gaming F16 terlalu besar ukurannya, ASUS juga menghadirkan versi yang lebih compact yaitu TUF Gaming A15.

Sesuai dengan namanya laptop gaming itu hadir dengan layar berukuran 15 inci.

Peningkatan dari segi prosesor juga didapatkan pada laptop ini dengan mengadopsi CPU AMD Ryzen™ 8000 Series yang telah dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) untuk mengakselerasi pemrosesan AI.

Sementara dari sisi GPU, laptop ini dibekali dengan NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series hadir untuk mengakselerasi performa gaming-nya.

Baca juga: Axioo hadirkan laptop gaming di bawah 20 juta

Lini ROG

ROG Strix
Tampilan ROG Strix G16 sebagai salah satu laptop gaming dari ASUS yang bakal meluncur di Indonesia pada 2024. Laptop ini ditampilkan pada Media Gathering ASUS ROG di Hotel Ashley Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Asus juga menghadirkan kembali ROG SCAR dan Strix G di 2024 dengan kinerja yang lebih bertenaga.

Mari bahas dimulai dari ROG Strix SCAR 16/18 yang dibekali dengan CPU Intel Core i9-14900HX. Sebagai pendamping, GPU NVIDIA GeForce RTX 4090 dihadirkan untuk menyokong kinerja laptop ini.

Dengan GPU tersebut, ASUS mengklaim semua game dengan grafis terbaik dapat berjalan lancar pada perangkat ini tanpa terkecuali.

Laptop gaming ini juga sudah dibekali dengan layar ROG Nebula HDR dengan panel Mini LED, serta sistem pendingin yang dibekali dengan tiga kipas membuat performanya semakin kencang. Laptop gaming ini juga disebut cocok untuk eksperimen gim dengan kecerdasan artifisial (AI).

Selain ROG Strix SCAR 16/18, ASUS ROG juga memperkenalkan ROG Strix G16/G18.

Sedikit berbeda dengan saudara dekatnya, ROG Strix G16/G18 dibekali dengan layar ROG Nebula Display saja. Pada opsi GPU yang dihadirkan laptop ini menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080.

Meski demikian, laptop ini masih ditenagai oleh CPU hingga Intel Core i9-14900HX dan sistem pendingin tiga kipas yang sama dengan versi Strix SCAR.

Baca juga: ASUS ROG perkenalkan laptop gaming hasil kolaborasi dengan ACRONYM

 
Ilustrasi laptop Zephyrus G16. (ANTARA/HO-ASUS)


ROG Zephyrus

ROG Zephyrus G14 dan G16 menjadi laptop dengan tahta tertinggi dalam jajaran laptop ASUS ROG di 2024.

Tampil dengan desain baru yang lebih modern dan elegan, ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus G16 tampil sebagai laptop gaming untuk para gamers yang mengedepankan performa.

ROG Zephyrus G14 dan G16 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi layar ROG Nebula Display dengan panel layar OLED.

ROG menjadikan lini ini sebagai laptop gaming dengan layar OLED pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi VRR atau variable refresh rate.

Untuk Zephyrus G14 2024, ROG menyematkan prosesor AMD Ryzen 8000 Series, yang telah didukung AMD Ryzen AI. Pada GPU, laptop ini dibekali NVIDIA GeForce RTX 4070.

Sementara untuk Zephyrus G16 menggunakan prosesor Intel Core Ultra 9 185H dengan kekuatan komputasi AI 11 TOPS, ditambah dengan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4090.

Baca juga: MSI rilis laptop gaming bekerjasama dengan Mercedes-AMG Motorsport
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024