Shanghai (ANTARA News) - Bursa saham China ditutup turun pada Rabu, menjelang libur panjang akhir pekan dengan indeks saham unggulan CSI300 melemah 0,7 persen menjadi 3.238,73 poin.

Sementara indeks komposit Shanghai berakhir turun 0,7 persen menjadi berakhir di 3.002,85 poin.

Untuk minggu ini, indeks CSI300 kehilangan 2,4 persen, persentase kerugian mingguan terbesar sejak 22 April. Sementara SSEC turun 2,5 persen sejak 13 Mei.

Data ekonomi China untuk Agustus yang dirilis pada Selasa, menunjukkan produksi pabrik dan penjualan ritel tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan. Namun data positif tersebut gagal menghidupkan kembali pasar.

"Perdagangan biasanya tipis menjelang liburan," kata Chang Chengwei, analis di broker Hengtai Futures, menyebutkan bahwa Festival Pertengahan Musim Gugur pada Kamis dan Jumat akan segera diikuti oleh liburan Hari Nasional Tiongkok yang dimulai pada 1 Oktober, sehingga membatasi selera risiko.

Sebagian besar sektor jatuh di China, dengan saham-saham transportasi dan infrastruktur memimpin penurunan.

Pasar keuangan China akan ditutup mulai Kamis 15 September, hingga Minggu 18 September, untuk Festival Pertengahan Musim Gugur. Perdagangan akan dilanjutkan kembali pada Senin 19 September, demikian dikutip dari laporan Reuters.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016