Semarang (ANTARA News) - Harga daging sapi di beberapa pasar tradisional di Kota Semarang tidak turun pasca-Idul Adha 2016.

"Harga masih stabil, tidak ada penurunan meskipun saat Idul Adha," kata salah satu pedagang daging sapi, Arin, di Pasar Karangayu, Semarang, Rabu.

Meski demikian, kata dia, jumlah pembeli daging sapi juga turun. Jika pada hari normal dia bisa menjual daging hingga 50 kg/hari, sejak Idul Adha lalu dalam satu hari hanya terjual di kisaran 25 kg/hari.

"Pembelinya pun hanya pelanggan yang memang punya warung makan atau pedagang bakso. Kalau untuk pembeli dari rumah tangga jarang sekali," katanya.

"Justru harga sapi hidup naik karena kan saat kurban kemarin banyak yang melakukan pembelian. Kalau saya karena sudah berlangganan beli jadi dapat harga normal, tidak ada kenaikan," katanya yang terbiasa membeli sapi hidup dan menyembelihnya sendiri.

Dikatakan, untuk harga daging sapi kualitas satu harganya Rp105.000/kg, kualitas dua harganya Rp100.000/kg, dan harga daging sapi kualitas tiga Rp90.000/kg.

Senada, pedagang daging sapi di Pasar Johar, harga daging sapi kualitas yang paling baik sekitar Rp110.000/kg.

Pewarta: Aris Widiastuti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016