Jakarta (ANTARA News) - Medali emas dari cabang renang yang dipersembahkan oleh Gagarin Nathaniel dijadikan oleh kontingen DKI Jakarta sebagai modal untuk mempertahankan prestasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat, 17-29 September.

"Apapun yang dilakukan tim lawan, kita harus tetap fokus dan lakukan yang terbaik. Emas dari cabang renang harus menjadi motivasi kuat untuk meraih emas berikutnya," kata Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Raja Sapta Ervian di sela pelepasan kontingen besar di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Menurut dia, PON bukan semata hanya membawa kepentingan daerah, namun lebih dari itu karena akan membawa nama DKI Jakarta untuk mewakili Indonesia pada kejuaraan yang levelnya lebih tinggi mulai SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade.

Demi mempertahankan supremasi tertinggi di PON 2016, DKI Jakarta mengirimkan 905 atlet yang terbagi dalam beberapa rombongan. Khusus untuk yang dilepas oleh Wakil Gubernur Djarot Syaiful Hidayat, jumlah kontingen yang dilepas sebanyak 350 atlet.

Untuk sisanya, sesuai dengan rencana akan diberangkatkan menuju Bandung dan sekitarnya pada Senin (19/9). Hal tersebut dilakukan karena waktu dan tempat pelaksanaan pertandingan tidak sama.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat berharap kontingen asal ibukota ini mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Apalagi kontingen yang dilepas ini merupakan juara bertahan kejuaraan empat tahunan ini.

"Ini tantangan yang kalian harus hadapi dan buktikan bahwa atlet DKI Jakarta tidak takut untuk berlaga dimana pun. Saya tadi malam sempat menyaksikan perjuangan heroik atlet renang kita, Gagarin meski ditekan tapi mampu meraih medali emas," kata Djarot.

Mantan Walikota Blitar ini optimistis atlet yang dikirimkan ke kejuaraan empat tahunan ini sudah siap bersaing meski banyak tekanan yang harus dihadapi. Apalagi pada PON 2016 banyak nomor andalan tim asal ibukota ini tidak dipertandingkan.

"Bahkan ada cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games dihapus dari daftar pertandingan. Banyak bermunculan cabang olahraga baru yang dipertandingkan. Saya meminta agar para atlet jangan putus asa. Tetap berjuang demi DKI Jakarta," kata Djarot dengan tegas.

Kontingen DKI Jakarta pada PON 2016 memang banyak mendapatkan saingan. Tuan rumah Jawa Barat juga terlihat lebih siap untuk terus menekan sang juara bertahan. Tidak hanya itu, kontingen ibukota ini juga akan mendapatkan tekanan dari kontingen lain seperti Jawa Timur.

Di sisi lain, kata dia, target kontingen DKI Jakarta bukan meraih medali sebanyak-banyaknya, melainkan fokus dalam meraih prestasi hingga tingkat internasional. Menurutnya, sebentar lagi ada SEA Games Malaysia 2017 dan Asian Games 2018 di Indonsia.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016