Shanghai (ANTARA News) - Saham-saham Tiongkok berakhir turun tipis pada perdagangan Selasa, karena keuntungan saham-saham properti setelah data harga rumah poisitif tidak cukup mengimbangi penurunan pada banyak sektor lainnya.

Indeks saham-saham unggulan CSI300 turun 0,2 persen menjadi ditutup pada 3.257,40, sementara indeks komposit Shanghai turun 0,1 persen menjadi berakhir di 3.023,00 poin.

Nilai transaksi perdagangan di Shanghai mencapai terendah dalam satu setengah bulan terakhir pada Selasa.

Shenwan Hongyuan Securities Co menyarankan para nasabahnya dalam sebuah catatan untuk mengadopsi sikap menunggu dan melihat secara hati-hati, karena "rebound" baru-baru ini di pasar merupakan faktor teknikal alami dan tidak berkelanjutan.

Saham-saham properti berada dalam sorotan setelah data resmi terbaru menunjukkan rata-rata harga rumah baru di 70 kota besar Tiongkok naik 9,2 persen dari setahun sebelumnya pada Agustus, meningkat dari 7,9 persen pada Juli.

Sedangkan keuntungan yang solid menggarisbawahi kekhawatiran kebijakan sekitar pertumbuhan tidak merata di pasar perumahan -- beberapa kota telah melihat lonjakan harga dan lainnya telah melambat atau jatuh -- secara keseluruhan data memperkuat keyakinan bahwa real estat adalah hanya salah satu dari beberapa sektor di Tiongkok yang tetap menarik bagi investor.

Sektor properti menyerahkan beberapa keuntungan awal, tapi masih berhasil mengakhiri sesi dengan kenaikan 0,3 persen, mengimbangi beberapa pelemahan di saham-saham sektor perbankan dan transportasi.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016