Bekasi (ANTARA News) - Pusat Logistik Berikat (PLB) dinilai mampu memperbaiki rantai pasok atau supply chain industri di dalam negeri, demikian disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"PLB ini tidak terbatas pada komiditi. Perusahaan bisa mengambil logistik secara real time, ini mampu memperbaiki supply chain dan masuk ke Industrie 4.0," ujar Airlangga di Cikarang, Bekasi, Jumat.

Airlangga menegaskan bahwa rantai nilai (value chain) industri tidak boleh ada gangguan, sehingga keberlangsungan industri dapat terus berjalan.

"Value chain industri itu tidak boleh ada gangguan, istilahnya, tidak boleh ada calo di tengah-tengah. Apalagi kita sudah masuk era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," ungkap Airlangga.

Airlangga menambahkan, pemerintah tengah berupaya menurunkan biaya infrastruktur dan biaya energi untuk mendongkrak daya saing industri di Indonesia.

PLB menjadi salah satu fasilitas yang mampu menurunkan biaya infrastruktur industri di dalam negeri dan perbaikan biaya energi diupayakan melalui penurunan harga gas untuk industri yang sedang dikaji.

"Jika keduanya sudah selesai, saya yakin industri akan bangkit kembali," pungkas Airlangga.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016