Jakarta (ANTARA News) - Bagi seorang penyanyi, suara adalah aset penting yang harus dijaga, tak terkecuali Mitsuko Horie yang sudah puluhan tahun membawakan lagu-lagu anime, termasuk “Candy Candy”. 
 
Caranya menjaga kualitas suara terbukti berhasil ketika dia memukau penonton Indonesia Comic Con 2016, Sabtu (1/10) malam, saat membawakan lagu-lagu anime legendaris dengan  suara imut ala kartun Jepang.
 
“Saya tidak pernah minum minuman dingin,” kata Mitsuko dalam sesi wawancara di Indonesia Comic Con 2016, Jakarta Convention Center, Sabtu (1/10) malam.
 
“Kalau keluar ruangan, saya selalu pakai masker karena tenggorokan tidak boleh kering, harus lembab,” tutur penyanyi yang akrab disapa Micchi.
 
Di luar itu, dia tidak membatasi makanan apa yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi.
 
“Saya makan apa saja,” imbuh dia sembari tersenyum.
 
Sebagai salah satu pionir penyanyi lagu anime, pengisi suara Sailor Galaxia di "Sailor Moon: Sailor Stars" itu menyadari ada perbedaan mencolok antara soundtrack anime dulu dan sekarang.
 
Lagu soundtrack zaman dahulu selalu disesuaikan dengan anime yang berkaitan. Selain itu, kata-kata dan iramanya dibuat sedemikian rupa agar mudah dihafal dan diikuti oleh anak-anak yang jadi target penonton.
 
“Kalau sekarang, sebagian tidak seperti itu lagi,” imbuh dia.
 
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016