Jakarta (ANTARA News) - Promosi perhelatan olimpiade olahraga rekreasi dunia atau TAFISA 2016 yang akan dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, 6-12 Oktober terus digeber dan bahkan dilakukan secara bersamaan di tujuh kota.

Berdasarkan keterangan pers dari panitia pelaksana TAFISA 2016 yang diterima media di Jakarta, Minggu, tujuh kota yang menjadi sasaran promosi adalah Cirebon, Tegal, Semarang, Salatiiga, Solo, Yogjakarta dan Purwokerto.

Khusus untuk di Cirebon, promosi kejuaraan yang akan diikuti oleh peserta dari sedikitnya 74 negara ini berlangsung di kawasan Stadion Bima. Promosi sendiri memanfaatkan kegiatan pagi masyarakat Kota Udang itu.

"Menarik. Belum familiar sih dengan olahraga rekreasi. Tapi, Tafisa Games mestinya unik dan jadi perhatian, apalagi evennya level dunia," kata salah satu warga, Indra yang mendatangi booth panpel TAFISA 2016.

Selain mengajak masyarakat interaksi lewat games dan pembagian hadiah, pengunjung di kawasan Stadion Bima Cirebon juga mendapatkan informasi yang luar terkait dengan pelaksanaan kejuaraan bergengsi khusus untuk cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di olimpiade itu.

Panitia pelaksanan TAFISA 2016 tidak hanya melakukan promosi saja, melainkan juga melihat secara langsung persiapan dilokasi yang akan digunakan untuk pembukaan yaitu di Ecopark Taman Impian Jaya Ancol. Bahkan, kegiatan ini didukung penuh oleh Kemenpora.

Di Jakarta, promosi juga digelar yang salah satunya dengan melalui fun bike yang dimulai dari Kantor Kemenpora menuju Ancol. Selain itu juga dilakukan senam Orhiba dan Zumba Big Party.

"Kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan secara lebih luas kepada kalangan penggiat olahraga masyarakat agar lebih mengetahui agenda TAFISA 2016 dan ikut mensukseskannya," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Berdasarkan data terakhir dari panitia penyelenggara TAFISA 2016, sebanyak 6.881 peserta dari 74 negara sudah mendaftarkan diri. Jumlah tersebut akan ditambah peserta dari Tanah Air. Mereka akan bersaing dalam 84 cabang olahraga yang dipertandingkan.

TAFISA edisi ke-6 ini juga akan dimeriahkan dengan pemecahan rekor dunia (Guiness Book of Record) untuk kegiatan Engrang' yang diikuti oleh 2.600 peserta dan menari Zumba yang akan diikuti oleh 13.000 orang.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016