Jakarta (ANTARA News) - Si Komo, salah satu ikon populer pada era 90an, kembali menyapa anak-anak Indonesia. Kararakter yang dikenal lewat serial boneka anak-anak di tahun 1991 silam ciptaan Kak Seto ini kembali dengan format baru untuk kembali menutup rasa rindu mereka para penggemar lama terpisah dari suguhan sarat edukasi nan menghibur. 

Diprakarsai oleh Minuk Seto dan Thomas Kurniadi juga Generasi90an, Si Komo akhirnya resmi “lahir” kembali dan diperkenalkan dalam ajang Indonesia Comic Con 2016, Sabtu (1/10) di Jakarta Convention Center. 
 
Kehadiran Si Komo kali ini juga menggandeng Generasi90an, platform mesin waktu yang menyajikan konten bernostalgia era 90an, dan juga media kreatif yang memberikan karya-karya untuk zaman sekarang juga di masa depan. 

Kerja sama ini diawali dengan buku Generasi90an karya Marchella FP yang menampilkan sosok Si Komo. Dari situ terjalin komunikasi antara sang kreator dan empunya Si Komo, Kak Seto. 

“Kolaborasi yang terjalin adalah kami ingin Si Komo dapat kembali dengan format yang fresh, up to date. Dan Generasi90an yang dikenal dengan konten nostalgia 90an-nya kami rasa sangat cocok dengan audiancenya yang dulu sudah tidak asing dan menikmati Si Komo di masa kecil. Sehingga alangkah baiknya bila ini menjadi sebuah kolaborasi untuk mengembalikan si Komo jadi salah satu ikon lokal yang menyebarkan nilai-nilai budaya Indonesia,” ujar Marchella FP dalam siaran pers. 

Kerja sama ini diharapkan menjadi sebuah jembatan baru bagi Generasi90an dan Si Komo yang sebelumnya berjalan sendirian. 

Kolaborasi ini akan berjalan dimana keduanya akan kerap kali terlihat bersama dalam acara-acara yang mereka akan isi. 

Generasi90an dengan konten nostalgianya akan diperkuat oleh Si Komo dengan tajuk “Si Komo Show” yang juga menghadirkan rekan-rekannya seperti Belu (Bebek Lucu), Dompu (Domba Putih), Piko (Sapi Kokoh), dan Ulil (Si Ulat Kecil) dengan visual yang dibuat lebih segar oleh Sesotya Jodie, character development dari Generasi90an. 

Konten “Si Komo Show” nantinya juga akan hadir dalam format digital yang kini masih dalam proses produksi. 

Sejak kehadirannya dulu, Si Komo dikenal sebagai cerminan dan contoh positif bagi audiens anak Indonesia melalui nilai-nilai yang dibawa setiap penampilannya. Baik dalam dunia bermain, belajar dan juga petualangan. 

Hal ini terus dipertahankan hingga hari ini termasuk dengan konten “Si Komo Show” yang terus dikembangkan. 

Selain jadi bagian memori masa kecil dari Generasi90an yang hidup di jaman sekarang, kolaborasi Generasi90an dan Minuk Seto serta Thomas Kurniadi lewat “Si Komo Show” diharapkan anak-anak dapat mengenal lebih dekat dengan budaya, adat istiadat dan hal -hal yang asli Indonesia dan terus melestarikannya, sampai mereka besar nanti.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016